UII Raih Peringkat Terbaik Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia

Minggu, 19 Agustus 2018 - 16:05 WIB
UII Raih Peringkat Terbaik...
UII Raih Peringkat Terbaik Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia
A A A
SLEMAN - Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menempati peringkat terbaik klasterisasi perguruan tinggi swasta (PTS) nonvokasi di Indonesia 2018. UII secara nasional menempati urutan ke-29, di mana urutan di atasnya merupakan perguruan tinggi negeri (PTN).

Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan klasterisasi perguruan tinggi Indonesia sejak 2015 dan diumumkan setiap 17 Agustus bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia.

Rektor UII Fatur Wahid mengatakan peringkat UII dalam klasterisasi tahun ini meningkat. Pada 2017 lalu menempati peringkat 41 nasional. Hal ini menunjukkan bahwa sebagai perguruan tinggi, UII konsisten dalam mempertahankan kualitas pendidikan termasuk berbagai komponen pendukung di dalamnya.

"Konsistensi UII dalam raihan prestasi merupakan hasil kerja keras dan doa dari segenap sivitas akademika UII," Kata Fathul Wahid, Minggu (19/8/2018).

Namun begitu pemeringkatan perguruan tinggi bukanlah target akhir UII. Lebih dari itu, yang paling utama, UII bertekad mendidik cendekiawan dan pemimpin bangsa. "Peringkat itu berkah karena UII mengerjakan tugasnya," katanya.

Sebelumnya pada 2016, UII juga meraih predikat sebagai perguruan tinggi swasta terbaik tingkat nasional berdasarkan Hasil Penilaian Kinerja Penelitian Perguruan Tinggi (HPKPPT) 2013-2015 Kemenristekdikti.

Humas UII Rifki Sasmita menambahkan pengklasteran tersebut didasarkan pada penilaian dari lima komponen parameter, yakni kualitas SDM, kelembagaan, kemahasiswaan, penelitian dan pengabdian pemberdayaan masyarakat, serta inovasi. Skor dari kelima komponen tersebut dijumlahkan dan hasil akhirnya digunakan sebagai acuan dalam melakukan pemeringkatan perguruan tinggi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)