Kebakaran Hutan Hanguskan Puluhan Rumah Penduduk di Rokan Hilir

Kamis, 16 Agustus 2018 - 11:55 WIB
Kebakaran Hutan Hanguskan Puluhan Rumah Penduduk di Rokan Hilir
Kebakaran Hutan Hanguskan Puluhan Rumah Penduduk di Rokan Hilir
A A A
PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih terus melanda Provinsi Riau. Wilayah paling parah ada di Kabupaten Rokan Hilir. Selain lahan, kebakaran juga menghanguskan beberapa rumah penduduk.

Salah satu wilayah di Rokan Hilir yang parah adalah Desa Tanjung, Leban Kecamatan Kubu. Data dari pihak desa, sedikitnya 20 rumah masyarakat ludes dilalap si jago merah.

"Data yang kita dapat sekitar 20 warga yang habis dilalap api akibat dampak dari kebakaran hutan dan lahan," kata Sekretaris Desa Tanjung Leban, Wandri, Kamis (16/8/2018).

Dia mengatakan puluhan rumah warga yang terbakar itu merupakan dampak dari kebakaran hutan dan lahan yang cukup parah selama dua hari terakhir. Api cepat menjalar ke mana-mana hingga merembet ke pemukiman.

Selain tempat tinggal, puluhan masyarakat Desa Tanjung Leban juga kehilangan ladang kelapa sawit. padahal mayoritas penduduk mengantungkan hidup pada kelapa sawit.

"Jadi rumah mereka itu dekat perkebunan sawit. Paling sedikit warga punya lahan 2 hektare. Jadi sekarang mereka kehilangan tempat tinggal dan kebun. Rumah yang terbakar itu nonpermanen," ungkap Wandri.

Dia berharap agar ada perhatian pemerintah terkait musibah ini. Selain itu warga sangat mengeluhkan pekatnya asap dan berharap kebakaran cepat tertangani. "Di sini anginnya kencang. Api cepat menjalar," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6815 seconds (0.1#10.140)