Dinas Peternakan Kobar Jamin Kesehatan Hewan di PHQ

Kamis, 16 Agustus 2018 - 10:55 WIB
Dinas Peternakan Kobar Jamin Kesehatan Hewan di PHQ
Dinas Peternakan Kobar Jamin Kesehatan Hewan di PHQ
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pasar Hewan Qurban (PHQ) 1439 H di Kota Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah diadakan terpusat di halaman Pasar Palagan Sari. Pasar ini difasilitasi Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kobar yang bersifat sosialisasi dan komersial.

Kasi Promosi dan Pemasaran Peternakan pada Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kotawaringin Barat, Bambang Sigit Purnomo mengatakan, selain PHQ, dibuat juga forum edukasi pengurus Dewan Kemakmuran Masjid DKM dan para peternak. "Edukasi mereka penting, karena merekalah yang menyembelih hewan dan menangani daging kurban nantinya," ujar Sigit saat memantau pasar hewan kurban, Kamis (16/8/2018).

Sigit mengakui belum banyak pasar hewan kurban tersentral. Meski sebenarnya pedagang dan peternak menyambut baik pasar semacam ini karena kesehatan hewan terpantau.

"Kami mendorong peternak untuk meramaikan perdagangan melalui pasar khusus hewan semacam ini agar prosesi kurban dari sisi penyedian hewan lebih baik.”

Harga hewan di PHQ juga dipantau menggunakan acuan harga hasil survei pasar. Sehingga selain hewan kurban yang sehat. Ia meyakinkan PHQ memfasilitasi harga yang sesuai tanpa tipu-tipu.

Ke depan DPKH melalui Bidang PPSK dan Seksi PPHP jauh-jauh hari akan mencari lokasi strategis agar bisa digunakan untuk sentralisasi perdagangan hewan kurban. "Bersama ini pula DPKH mengimbau agar masyarakat, lembaga, organisasi dan instansi yang memerlukan Hewan Qurban bisa datang ke Pasar dan memilih langsung. Tahun ini, sekitar 100 ekor sapi dan 350 ekor kambing dan domba ditawarkan pedagang di PHQ Pasar Palagan Sari," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6535 seconds (0.1#10.140)