Gubernur Banten Bertekad Kawal Terus Program Pendidikan Gratis

Senin, 06 Agustus 2018 - 18:52 WIB
Gubernur Banten Bertekad Kawal Terus Program Pendidikan Gratis
Gubernur Banten Bertekad Kawal Terus Program Pendidikan Gratis
A A A
SERANG - Program pendidikan gratis yang dicanangkan Pemprov Banten di bawah kepemimpinan Gubernur Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy merupakan keputusan final yang tidak bisa ditawar lagi.

Gubernur meminta agar seluruh pihak dapat mendukung program tersebut karena akan memberikan manfaat untuk masyarakat. "Untuk pendidikan gratis itu merupakan bentuk kehadiran negara bagi rakyatnya, bagi masyarakatnya," tegas Gubernur, sebelum melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pejabat fungsional serta dewan pendidikan Provinsi Banten periode 2018-2022, di halaman masjid Raya Al-Bantani, KP3B, Kecamatan Curug, Kota Serang pada Senin (6/8/2018).

Gubernur mengaku heran sekaligus merasa aneh apabila ada pihak-pihak yang tidak setuju dengan program pendidikan gratis.
"Kalau mahal ya baru perkarakan. Sederhana saja memahami pendidikan gratis, pikirkan bahwa program ini untuk orang-orang yang sangat membutuhankan, orangtua yang ingin memberikan pendidikan yang baik bagi anaknya, namun kurang mampu secara materi," tutur Gubernur Wahidin.

Gubernur mengungkapkan, apabila ada anggota dewan yang menolak program tersebut, berarti mereka menolak keputusannya sendiri. Dia menegaskan tidak ingin ada sekolah yang menahan ijazah siswa hanya dikarenakan karena ada tambahan biaya.

Dengan demikian, tidak ada lagi kastanisasi dalam pendidikan yang melahirkan istilah sekolah favorit dan bukan favorit. Semua sekolah setara.
Wahidin menegaskan, semua fasilitas sekolah akan ditingkatkan. Sekolah yang kurang bangunan atau ruang kelas, akan dibangunkan. "Butuh guru ya segera ditambahkan juga. Itu sebabnya mengurus pendidikan ini perlu kerja sama yang baik antara berbagai pihak," kata Gubernur Wahidin.

Wahidin bertekad bulat untuk membela program pendidikan gratis sampai bisa terlaksana sempurna, "Program ini adalah layanan wajib pemerintah bagi masyarakatnya seperti kesehatan dan peningkatan infrastruktur," tegasnya.

Terhadap Dewan Pendidikan yang dikukuhkan, Gubernur berpesan agar dapat bertugas dengan baik dan profesional. Yakni turut membantu Gubernur untuk menganalisa, mengawal dan membantu secara konsepsional serta memberikan perhatian dalam rangka kemajuan pendidikan di Provinsi Banten.

Kepada peserta apel, Gubernur menekankan kembali untuk menggelorakan semangat berolah raga bagi seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Banten sesuai dengan kesukaannya masing-masing. Gubernur mengusulkan lomba-lomba yang menarik dan hiburan seperti memancing, panjat pinang, sampai dengan lomba naik sepeda di atas air pada perayaan Kemerdekaan 17 Agustus.

Gubernur juga menegaskan jika dirinya akan benar-benar membangun Banten dengan segenap hatinya. "Diri saya sudah saya wakafkan untuk Banten, agar Banten lebih baik dari hari ini. Dan saya apresiasi sekali tingkat kehadiran apel hari ini mencapai 98 persen," tutup Gubernur.
Gubernur Banten Kawal Terus Program Pendidikan Gratis.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8604 seconds (0.1#10.140)