Seekor Lumba-Lumba Tewas Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo

Senin, 06 Agustus 2018 - 17:56 WIB
Seekor Lumba-Lumba Tewas Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo
Seekor Lumba-Lumba Tewas Terdampar di Pantai Trisik Kulonprogo
A A A
KULONPROGO - Pengunjung di Pantai Trisik, Kulonprogo dihebohkan dengan penemuan ikan lumba-lumba yang terdampar. Ikan lumba-lumba jenis hidung botol dengan panjang dua meter dan berat sekitar 200 kilogram ditemukan tewas, Senin (6/8/2018).

Kepala Dukuh Trisik, Joko Samudro menjelaskan, terdamparnya ikan lumba-lumba ini menarik perhatian warga dan pengunjung pantai Trisik. Menurut Joko kejadian terdamparnya ikan lumba-luma ini baru pertama kali terjadi. “Ini baru pertama kali terjadi,” terangnya.

Joko mengakui memang beberapa kali pernah ada ikan terdampar, namun jenisnya ikan paus atau ikan hiu. Menurut Joko kemungkinan ikan ini terbawa gelombang besar yang terjadi sebulan ini. Kondisi musim dingin juga memancing hewan ini bermigrasi ke daerah panas.

“Kami akan menguburkan bangkai ikan paus ini karena sudah mulai membusuk dan mengeluarkan bau,” terangnya. Diperkirakan ikan lumba-lumba ini berusia 10 tahun. Ini dilihat dari bentuk tubuh dan kondisi giginya.

Nuryaniwarga Kuklonprogo mengaku mendengar ada lumba-lumba terdampar ini dari rekannya. Karena penasaran dan ingin melihat dari dekat dia bersama temannya “Penasaran aja ingin melihat. Karena ini ramai di medsos,” jelasnya.

Lumba-lumba hidung botol (tursiops truncates) habitatnya berada di perairan hangat. Lumba-lumba ini berwarna abu-abu yang bervariasi dari abu-abu gelap di bagian atas dekat sirip punggung dan abu-abu muda keputih-putihan di bagian bawah. Lumba-lumba hidung botol dewasa memiliki panjang antara 2 sampai 4 meter dan berat dari 150 sampai 650 kilogram.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7127 seconds (0.1#10.140)