Waspada, Tinggi Gelombang Laut Selatan Bisa Mencapai 6 Meter

Kamis, 26 Juli 2018 - 09:40 WIB
Waspada, Tinggi Gelombang Laut Selatan Bisa Mencapai 6 Meter
Waspada, Tinggi Gelombang Laut Selatan Bisa Mencapai 6 Meter
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Bandung memperkirakan, ketinggian gelombang laut selatan rata-rata antara 3 hingga 6 meter.

Data yang dirilis BMKG Bandung, gelombang tinggi di laut selatan diperkirakan akan terus terjadi hingga akhir bulan Juli. Perkiraan tinggi gelombang terendah 3 meter dan tinggi gelombang maksimum mencapai 5 meter. Bahkan pada 29 Juli, tinggi gelombang diperkirakan mencapai 6 meter.

"Masyarakat yang melakukan aktivitas di laut dan pantai, kami berharap selalu mengantisipasi tinggi gelombang laut tersebut," kata Kepala BMKG Stasiun Geofisika Bandung Tony Agus Wijaya, Kamis (26/7/2018).

Menurut Tony, tinggi gelombang mulai menurun pada 31 Juli 2018 dengan perkiraan ketinggian antara 2,5 hingga 3,5 meter. Namun, masyarakat diminta tetap waspada atas hembusan angin yang menyebabkan kenaikan tinggi gelombang.

Menurut Tony, penyebab gelombang laut tinggi karena peningkatan kecepatan angin di laut selatan Jawa mencapai 37 km/jam. Tingginya kecepatan angin disebabkan menguatnya angin timuran dari Benua Australia yang melewati Pulau Jawa.

"Juga disebabkan ada perbedaan tekanan udara antara belahan bumi utara dan selatan. Gelombang tinggi laut berpotensi terjadi tiap tahunnya di puncak musim kemarau antara Juli hingga Agustus," pungkasnya.

Berbeda dengan gelombang laut utara Jawa, rata-rata tinggi gelombang pada batas normal. Yaitu 0,5 hingga 1 meter hingga akhir Juli 2018.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6310 seconds (0.1#10.140)