Jelang Idul Adha, Purwakarta Surplus Domba

Senin, 23 Juli 2018 - 14:50 WIB
Jelang Idul Adha, Purwakarta Surplus Domba
Jelang Idul Adha, Purwakarta Surplus Domba
A A A
PURWAKARTA - Stok hewan kurban terutama jenis domba di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengalami surplus. Saat ini populasi domba mencapai 1 juta ekor lebih yang tersebar di 17 kecamatan yang ada, sehingga untuk pemenuhan perayaan Idul Adha tak perlu pasokan dari luar daerah.

"Stok domba di Purwakarta terbilang cukup untuk pemenuhan hewan kurban. Domba lokal Purwakarta tentu saja lebih terjamin kesehatannya karena secara berkala kami sendiri yang mengontrol dan mengawasinya," jelas Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Purwakarta Sri Wuryasturati kepada SINDOnews, Senin (23/7/2018).

Namun, Kabupaten Purwakarta masih kekurangan stok sapi. Stok yang ada hanya sebanyak 13.000 ekor, itu pun tidak semuanya layak untuk hewan kurban. "Di antaranya terdapat sapi yang bunting serta betina. Untuk jenis hewan kurban ini pastinya akan kita datangkan dari Jawa Tengah atau Jawa Timur," ujarnya.

Menurut dia, sapi dari luar daerah itu akan mendapat pengawasan ketat agar aman dikonsumsi. Berbagai prosedur pemeriksaan bakal dilakukannya menjelang perayaan Idul Adha nanti.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8242 seconds (0.1#10.140)
pixels