Hari Anak Nasional, Robot Transformer Hibur Penumpang KA di Stasiun Tawang

Senin, 23 Juli 2018 - 14:40 WIB
Hari Anak Nasional,...
Hari Anak Nasional, Robot Transformer Hibur Penumpang KA di Stasiun Tawang
A A A
SEMARANG - Menyemarakkan Hari Anak Nasional yang setiap tahun diperingati pada 23 Juli, PT KAI Daop 4 Semarang memberikan hiburan spesial dengan menghadirkan manusia robot, Senin (23/7/2018) siang. Selain itu, suvenir berupa 500 pcs balon, 200 pcs bunga, 500 pcs buku, dan 200 pcs cindera mata menarik dibagikan secara gratis kepada penumpang anak di Stasiun Semarang Tawang.

"Peringatan Hari Anak Nasional ini sebagai wujud apresiasi kami akan kepedulian terhadap pentingnya memberikan perhatian bagi perkembangan dan pendidikan anak Indonesia. Selain itu, hal ini juga sebagai wujud terima kasih kepada para pengguna jasa setia KA yang telah memilih kereta api sebagai moda bepergian jarak jauh bersama anak. Diharapkan dengan memberikan hiburan ini, bisa menjadi penggalaman spesial yang menyenangkan bagi penumpang cilik akan transportasi kereta api," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, Senin (23/7/2018).

KAI sebagai jasa penyedia transportasi selama ini telah berusaha mengutamakan keselamatan para penumpangnya, termasuk anak-anak. Hal ini terwujud dengan diterapkannya aturan tiket Rp0 bagi penumpang anak usia 0-3 tahun yang dipangku oleh orang tua atau tidak membeli seat. Penerapan aturan ini dimaksudkan untuk menjamin asuransi perjalanan mereka.

"Jadi walaupun tidak membeli seat alias dipangku selama perjalanan dengan KA, penumpang anak tetap harus bertiket. Tiketnya Rp0 dan dapat diminta di petugas loket sebelum boarding dengan menunjukkan boarding pass orang tuanya," ujarnya.

Selain itu, untuk kenyamanan pengguna jasa, khususnya penumpang anak, kini semua KA telah terpasang penyejuk udara (AC). PT KAI kini juga menyediakan fasilitas ramah anak di stasiun seperti ruang menyusui yang bisa dipakai untuk mengganti popok dan area bermain anak.

Dengan adanya area ini, anak dapat beralih dari gadget selama menunggu waktu keberangkatan KA dan memilih untuk bergerak, bermain di area khusus anak sehingga terwujudlah anak Indonesia yang GENIUS (Gesit-Empati-Berani-Unggul-Sehat) sesuai dengan tema Hari Anak Nasional 2018.Dengan bermain di area ini, anak-anak juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan sosialnya, menumbuhkan empati dan keberanian dengan berinteraksi dengan sesama penumpang anak lainnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8939 seconds (0.1#10.140)