Dikabarkan Emergency, Pesawat Citilink Mendarat Aman di Surabaya

Rabu, 18 Juli 2018 - 14:42 WIB
Dikabarkan Emergency,...
Dikabarkan Emergency, Pesawat Citilink Mendarat Aman di Surabaya
A A A
SEMARANG - Publik digegerkan dengan kabar pesawat Citilink rute Semarang-Surabaya yang memberikan sinyal darurat kepada AirNav, Rabu (18/7/2018) sekitar pukul 11.15 WIB. Informasi itu kemudian diteruskan kepada Basarnas untuk pengecekan lebih lanjut lokasi ditemukan sinyal darurat di daerah Purwodadi, Kabupaten Grobogan.

"Ini hanya salah persepsi. Bukan pesawat Citilink itu mengalami distress (emergency), tapi justru dia yang menangkap sinyal distress. Jalau pesawatnya aman sudah mendarat dari tadi di Surabaya," kata Kepala Kantor SAR (Kakansar) Semarang Noer Isrodin, Rabu (18/7/2018).

Dia menjelaskan, pesawat yang baru lepas landas sekitar empat menit dari Bandara Ahmad Yani Semarang itu terbang pada ketinggian 8.000 feet. Tak berselang lama, pesawat menerima sinyal emergency dari luar dan diteruskan kepada AirNav.

"Pesawat melintas di ketinggian 8.000 feet mengkap sinyal distress yang dikeluarkan oleh ELT, namun ELT dari mana masih dilacak. Pesawatnya menangkap sinyal distress melalui frekuensi 121.5 MHz. Dia report ke ATC, tapi kita cek di darat tidak ada apa-apa. Kita juga pantau terus sampai saat ini semua aman. Dia (pesawat) naik lagi kan di ketinggian 10.000 feet sudah enggak menangkap sinyal itu (emergency)," kata Noer Isrodin.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0933 seconds (0.1#10.140)