Terapung 36 Jam di Laut, 14 Nelayan Lamongan Akhirnya Selamat

Selasa, 10 Juli 2018 - 19:06 WIB
Terapung 36 Jam di Laut, 14 Nelayan Lamongan Akhirnya Selamat
Terapung 36 Jam di Laut, 14 Nelayan Lamongan Akhirnya Selamat
A A A
GRESIK - Sebanyak 14 nelayan asal Lamongan selamat dari tragedi maut. Mereka terapung di laut lepas, setelah perahu Ebu Putra yang ditumpangi karam di perairan Masalembu, Sumenep akibat dihantam ombak.

Para nelayan itu berhasil menyelamatkan diri dengan menggunakan jiriken yang dijadikan pelampung. Mereka terapung selama 36 jam di lautan. Untungnya, mereka tertolong Kapal Tongkang TB Prima yang melintas di sekitar lokasi tersebut dan berhasil mengevakuasinya.

Sesuai cerita Pendaka (30), salah satu nelayan yang berasal dari Paciran, Lamongan, Jawa Timur mengatakan, mereka berangkat dari Pelabuhan Sidayu Lawas Sabtu (7/7/2018) pagi dengan tujuan Masalembu, Sumenep.

“Minggu (8/7/2018) malam kami berhasil melewati Pulau Bawean dengan jarak 20 mil. Sekitar pukul 04.00 WIB, ombak semakin besar. Sementara saat penumpang perahu tidur lelap, saya bertugas menjaga kemudi. Saat itulah perahu oleng,” ujarnya saat ditemui di Pelabuhan Gresik, Selasa (10/7/2018).

Saat itulah, dirinya membangunkan teman-temanya. Mereka pun kaget dan spontan dan sigap membuat rakitan jeriken. Namun, saat rakitan jeriken selesai, air yang masuk lewat lambung membesar dan perahu tenggelam.

“Saat itulah, kami siapkan rakitan perahu sebelum tenggelam. Akhirnya kami semuanya menggantungkan nasib pada pelampung rakitan jeriken. Kami terapung mengikti ombak,” tutur Pendaka.

Setelah terapung di laut lepas sekitar 36 jam, tepatnya Senin (9/7/2018) malam, sebuah Kapal Tongkang TB Prima melintas di sekitar lokasi. Selanjutnya, mereka meminta pertolongan dan berhasil dievakuasi ke Pelabuhan Gresik.“Alhamdulillah kami diselamatkan," ujar nahkoda perahu Sugiono, warga Brondong, Lamongan.

Kasat Polair Polres Gresik AKP Nur Mahfut menjelaskan, para nelayan tersebut berhasil diselamatkan Kapal Tongkang TB Prima pada Senin malam. Kebetulan kapal pengangkut batubara itu hendak ke Pelabuhan Gresik. "Mereka bertahan terapung selama 36 jam. Para nelayan langsung kami lakukan periksa kesehatan. Tidak ada yang sakit, hanya kaget," katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6185 seconds (0.1#10.140)