PTPN XI Targetkan Revitalisasi PG Assembagoes Tuntas Akhir Juli

Selasa, 10 Juli 2018 - 16:53 WIB
PTPN XI Targetkan Revitalisasi PG Assembagoes Tuntas Akhir Juli
PTPN XI Targetkan Revitalisasi PG Assembagoes Tuntas Akhir Juli
A A A
SURABAYA - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI mengklaim progres revitalisasi Pabrik Gula (PG) Assembagoes di Situbondo, Jawa Timur (Jatim) sudah mencapai 96,5 persen. Revitalisasi PG yang berdiri sejak 1891 itu terus dalam tahap penyempurnaan. Sehingga diperkirakan akhir Juli 2018 bisa beroperasi.

Direktur Utama PTPN XI Gede Meivera mengatakan, pada musim giling tahun ini, PTPN XI menargetkan bisa menggiling tebu 5 juta ton yang mampu menghasilkan 410.383 ton gula.

Jumlah tersebut meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya sekitar 4,2 juta ton tebu dengan produksi gula 312.589 ton dan mampu memperoleh laba Rp31,4 miliar.”Dalam revitalisasi ini, kami berupaya agar semua petani tebu terlayani dengan baik, dan mendapatkan hasil gula terbaik,” katanya.
Untuk mencapai target giling sebanyak 5 juta ton tersebut, PTPN XI menyiapkan sejumlah strategi untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu sendiri maupun tebu rakyat.

Dari total pasokan tebu ke PTPN XI, sekitar 80% dari tebu rakyat. Sisanya, 20 peresen dari kebun tebu sendiri yang dikembangkan oleh perseroan. Sehingga, PTPN XI mendorong petani untuk meningkatkan produktivitas tanaman tebu dan menekan harga pokok produksi (HPP), yakni dengan memberikan bantuan bibit tebu, dan pupuk kompos.

Disisi lain, untuk memenuhi pasokan tebu ke PG, PTPN XI mengembangkan lahan tebu di Bali. Hingga saat ini, setidaknya terdapat lahan seluas 48,5 hektare di Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng yang sudah ditanami tebu.Perusahaan perkebunan pelat merah itu berharap, hingga akhir tahun ini luasan lahan yang bisa ditanami tebu mencapai 1.200 hektare.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9404 seconds (0.1#10.140)