Puluhan Kapal Ikan Terbakar, Kerugian Diduga Capai Rp200 Miliar

Selasa, 10 Juli 2018 - 00:43 WIB
Puluhan Kapal Ikan Terbakar, Kerugian Diduga Capai Rp200 Miliar
Puluhan Kapal Ikan Terbakar, Kerugian Diduga Capai Rp200 Miliar
A A A
DENPASAR - Sebagian besar puluhan kapal yang terbakar di Pelabuhan Benoa, Denpasar milik dari anggota Asosiasi Tuna Longline Indonesia (ATLI).

Ketua II ATLI Bali, Agus Dwi Siswaputra mengatakan, dalam insiden tersebut, sebagian besar kapal ikan yang terbakar merupakan kapal milik anggota ATLI sekitar 33 unit. Diperkirakan kerugian kapal yang terbakar ada 40 unit itu mencapai Rp200 miliar.

"Kami belum tahu penyebab utama kebakaran kapal-kapal ikan itu. Namun kerugian tiap kapal antara Rp3 miliar sampai Rp5 miliar tergantung kelengkapan isi kapal dan ukurannya," terangnya di Denpasar, Bali, Senin 9 Juli 2018.

Dia mengaku belum mengetahui barang-barang dalam kapal yang terbakar. Tetapi, kapal yang terbakar rata-rata untuk menangkap ikan tuna dan cumi.

"Yang jelas karena musibah ini, kapal-kapal tersebut sudah tak bisa lagi melaut menangkap ikan," ujarnya.

Pihaknya belum bisa memastikan bagaimana tindakan selanjutnya termasuk menyangkut nasib ratusan ABK. Karena masih menunggu penyelidikan aparat serta memastikan api seluruhnya padam.

Dia mengaku rata-rata pemilik kapal yang terbakar belum bisa ngomong. "Mereka datang ke sini, diam terus pergi lagi," pungkasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.9082 seconds (0.1#10.140)