Mahasiswa UNS Kembangkan Taman Vertical Garden

Selasa, 03 Juli 2018 - 14:18 WIB
Mahasiswa UNS Kembangkan Taman Vertical Garden
Mahasiswa UNS Kembangkan Taman Vertical Garden
A A A
SOLO - Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo mengembangkan tanaman dengan pola vertical garden di Dukuh Selo, Desa Pojok, Sukoharjo,Jawa Tengah.

pembuatan taman ini dengan memanfaatkan bidang vertikal dan menariknya mereka mendorong warga setempat membuat hal yang sama dengan memanfaatkan limbah botol plastik.

Taman vertical garden merupakan rangkaian program kreativitas mahasiswa (PKM) pengabdian masyarakat yang didanai Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2018.

”Pembuatan taman vertikal memanfaatkan limbah botol plastik yang bertujuan menambah nilai guna dan estetika. Pemilihan vertikal garden didasari melimpahnya sampah botol bekas yang telah terkumpul pada bank sampah,” kata anggota kelompok PKM pengabdian masyarakat UNS Solo Vera Febriana Umiati, Selasa (3/7/2018).

Program ini dilaksanakan selama lima bulan dan bekerja sama dengan Komunitas Selo Beraksi dan Bank Sampah. Beberapa kegiatan di antaranya pengenalan atau sosialisasi vertical garden dengan bantuan dosen dan praktisi dari UNS. Masyarakat pun antusias dan berpartisipasi aktif dalam menjalankan program.

Kepala Desa Pojok Tukiman menyambut baik kerjasama dari UNS. Dia menilai program tersebut semakin menambah kreasi dari konsep desa wisata kreatif yang tengah digarapnya dengan masyarakat. "Juga dapat menambah penghasilan bagi masyarakat,"katanya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5000 seconds (0.1#10.140)