Ratusan Warga Jombang Antusias Ikuti Pencoblosan Ulang

Minggu, 01 Juli 2018 - 09:13 WIB
Ratusan Warga Jombang Antusias Ikuti Pencoblosan Ulang
Ratusan Warga Jombang Antusias Ikuti Pencoblosan Ulang
A A A
JOMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pemungutan suara ulang di tempat pemungutan suara (TPS) I di Desa Tambar, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Minggu (1/7/2018).

Ratusan warga terlihat antusias untuk melakukan pemungutan suara ulang. Sebelum pencoblosan di mulai, panitia pemungutan suara (PPS) terlebih dahulu melakukan pemeriksaan terhadap logistik yang dikirim KPU, termasuk di antaranya jumlah surat suaranya. Setelah pengecekan selesai, warga dipersilakan untuk menyalurkan suaranya.

Komisioner KPU Jombang, M Jakfar menjelasan pemunguta ulang dilakukan karena sebelumnya ditemukan adanya penggelembungan suara pada Pilkada 27 juni lalu.

Ketika itu jumlah warga yang hadir di TPS I hanya 308 orang. Namun setelah pencoblosan, jumlah surat suara yang tercoblos terhitung 333 lembar atau ada kelebihan 25 lembar surat suara.

Atas kejadian tersebut, KPU langsung memecat empat petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan menggantinya dengan yang baru.

"Selain diawasi ketat petugas, KPU juga memasang kamera di sudut TPS untuk mengantisipasi agar penggelembungan suara tidak terulang, " kata Jakfar, Minggu (1/7/2018).Sekadar informasi, berdasarkan hasil hitung cepat dari berbagai lembaga, pasangan calon bupati dan wakil bupati Jombang Munjidah Wahab-Sumrambah meraih suara terbanyak. Hingga saat ini seluruh pasangan calon masih menunggu pengumuman resmi dari KPU mengenai hasil pilkada.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5376 seconds (0.1#10.140)