Ratusan Taruna Akademi TNI Belajar di Markas Divif 2 Kostrad

Kamis, 28 Juni 2018 - 16:53 WIB
Ratusan Taruna Akademi TNI Belajar di Markas Divif 2 Kostrad
Ratusan Taruna Akademi TNI Belajar di Markas Divif 2 Kostrad
A A A
MALANG - Ratusan taruna dari Akademi TNI, melakukan kunjungan dan belajar di Markas Divisi Infanteri (Divif) 2 Kostrad di Singosari, Kabupaten Malang.

Kunjungan taruna ini sebagai rangkaian mengikuti Bhinneka Eka Bhakti (BEB) Taruna Akademi TNI tahun 2018. Taruna yang ikut dalam kunjungan dan belajar ini, merupakan taruna tingkat satu, yang jumlahnya mencapai 435 orang.

Rombongan para calon perwira muda TNI tersebut, dipimpin oleh Wakil Komandan Jenderal Akademi TNI, Mayjen TNI Dody Usodo Hargo. Dody menyebutkan, Bhinneka Eka Bhakti merupakan kegiatan rutin tahunan yang diikuti oleh Taruna Akademi TNI tingkat pertama.

Dilaksanakan ke setiap satuan di TNI, meliputi tiga matra, yakni matta darat, matra laut, dan matra udara. "Kegiatan kunjungan dan belajar, dilaksanalan selama satu minggu," ungkapnya, Kamis (28/6/2018).

Markas Divif 2 Kostrad, menjadi salah satu sasaran bagi para taruna Akademi TNI melakukan kunjungan belajar dalam rangka BEB, tujuannya mengenalkan satuan-satuan Kostrad beserta alat utama sistem senjata (Alutsista), serta mengenalkan kemampuan satuan tempur yang ada di lingkungan Kostrad.

Panglima Divif 2 Kostrad, Mayjen TNI Marga Taufiq mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi para taruna Akademi TNI, karena untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan taruna. "Mereka bisa belajar tentang ciri khas satuan, tugas, dan fungsi dari tiap-tiap satuan di Divif 2 Kostrad," ujarnya.

Para taruna juga dikenalkan berbagai alutsista, dan demonstrasi latihan. Harapannya, pengetahuan di satuan-satuan ini bisa menjadi bekal dalam meningkatkan kompetensi, dan daya pikir taruna untuk mencapai profesionalisme TNI.

Berbagai macam alutsista yanh dikenalkan, diantaranya Roket MLRS Astros II MK/6, Meriam Rheinmetal, Rudal RBS, Mistral MPCV, serta display berbagai peralatan dan perlengkapan yang dimiliki oleh satuan-satuan jajaran Divif 2 Kostrad.

"Diharapkan, juga bisa memunculkan rasa bangga terhadap kesatuan, dan akhirnya terbentuk jiwa korsa yang benar di antara calon pemimpin bangsa," ujar jenderal bintang dua ini.

Di tempat yang sama Kopral Taruna Godam Yudha mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dirinya dan peserta yang lain. "Melalui kegiatan ini, dapat mengetahui berbagai macam alutsisa, serta peralatan dan perlengkapan tempur yang dimiliki TNI, sekaligus fungsi dan cara pengoperasionalannya," ungkapnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5426 seconds (0.1#10.140)