Pelaksanaan Pilkada Gubernur Papua di Kabupaten Nduga Ditunda

Rabu, 27 Juni 2018 - 19:38 WIB
Pelaksanaan Pilkada Gubernur Papua di Kabupaten Nduga Ditunda
Pelaksanaan Pilkada Gubernur Papua di Kabupaten Nduga Ditunda
A A A
NDUGA - Pelaksanaan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Papua di Kabupaten Nduga, terpaksa ditunda pelaksanaannya, Rabu (27/6/2018). Belum dapat dipastikan sampai kapan batas waktu penundaan pelaksanaan pencoblosan tersebut.

Penundaan dilakukan menyusul terjadi serangkaian gangguan keamanan di daerah tersebut dalam beberapa waktu terakhir. Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo menjelaskan, masih ada beberapa hal yang harus dibereskan, termasuk faktor keamanan.

“Kalau untuk Nduga sementara yang dilaporkan oleh KPU provinsi atas perintah KPU RI agar memberhentikan sementara KPU Nduga. Pelaksanaan Pilgub diambil alih oleh KPU Provinsi, tapi hingga sekarang KPU Provinsi belum tiba di Nduga karena faktor keamanan, jadi kemungkinan bisa mundur,” tegas Soedarmo saat memantau pelaksanaan pencoblosan di sejumlah TPS di Kota Jayapura.

Soedarmo mengungkapkan, faktor keamanan menjadi penyebab masyarakat tidak ada yang mau memilih. Apalagi setelah adanya penembakan KKSB di Bandara Kenyam, sehingga membuat masyarakat masih trauma dan memilih untuk lari ke hutan. Selain itu, anggota KPU Provinsi yang belum tiba di Keneyam, ibu kota Kabupaten Nduga.

Diberitakan sebelumnya telah terjadi serangkaian aksi teror dan gangguan keamanan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata yang terjadi dalam beberapa hari terakhir. Kelompok yang mengkalim diri sebagai Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM melakukan penembakan terhadap pesawat dan warga sipil di Bandara keneyam, Kabupaten Nduga. Lima 5 orang tertembak, 3 di antaranya dilaporkan tewas.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6544 seconds (0.1#10.140)