Mensos Bantu Korban Keracunan Gas Massal di Lombok Barat

Kamis, 21 Juni 2018 - 14:41 WIB
Mensos Bantu Korban Keracunan Gas Massal di Lombok Barat
Mensos Bantu Korban Keracunan Gas Massal di Lombok Barat
A A A
LOMBOK BARAT - Mensos Idrus Marham mendatangi keluarga korban meninggal akibat keracunan gas massal di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Kamis (21/6/2018).

Kedatangan Mensos sekaligus memberikan bantuan kepada keluarga korban."Kemarin saya mengunjungi peserta PKH (Program Keluarga Harapan) yang rumahnya ludes terbakar di Pinrang, sekarang ke sini untuk memastikan korban tertangani dengan baik," tutur Idrus dalam siaran pers Kamis (21/6/2018).

Idrus mengatakan agar keluarga korban meninggal segera mendapat santunan dan korban luka-luka mendapat bantuan untuk meringankan biaya pengobatan.

Sementara bantuan yang diserahkan berupa bantuan pemenuhan kebutuhan dasar, santunan kematian, bantuan korban luka-luka dan layanan dukungan psikososial. Penyerahan bantuan dilakukan di Kantor Kecamatan Sekotong kepada ahli waris dan keluarga korban luka-luka.

Santunan untuk setiap korban meninggal adalah Rp15 juta yang diserahkan kepada ahli waris. Sedangkan bantuan untuk korban luka-luka Rp2,5 juta per orang. Jadi totalnya mencapai Rp120 juta.

Pada Selasa (19/6) pukul 11.00 WITA, sejumlah penambang ilegal dari lokasi tambang yang berada di Gunung Suge Dusun Slodong, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat, berhasil dievakuasi setelah kejadian keracunan gas.
Kejadian keracunan tersebut bermula dari para korban merupakan satu kelompok penambang ilegal yang biasa melakukan proses penambangan mencari emas di dalam lubang yang sudah tidak bertuan karena telah ditinggalkan pemiliknya.Mereka mulai melakukan proses penambangan pada Senin (18/6) sekitar pukul 20.00 WITA hingga kedalaman 200 meter. Dalam proses penambangan tercium bau asap. Mereka mengalami sesak napas dan beberapa korban tidak bisa menyelamatkan diri.Korban dievakuasi dan dibawa ke Puskesmas Sekotong menggunakan mobil milik masyarakat setempat. Korban mencapai 13 orang dengan rincian 7 orang meninggal dunia dan 6 orang selamat. Hasil pemeriksaan Puskesmas Sekotong, korban meninggal diduga karena keracunan gas dan kekurangan oksigen.

(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9058 seconds (0.1#10.140)