Ikut Gladi Bersih, Irjen Pol Iriawan Dipastikan Jadi Pj Gubernur Jabar

Senin, 18 Juni 2018 - 09:03 WIB
Ikut Gladi Bersih, Irjen Pol Iriawan Dipastikan Jadi Pj Gubernur Jabar
Ikut Gladi Bersih, Irjen Pol Iriawan Dipastikan Jadi Pj Gubernur Jabar
A A A
BANDUNG - Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhamnas) Komjen Pol Iriawan dipastikan bakal menjabat sebagai Pj Gubernur Jawa Barat (Jabar). Kepastian tersebut setelah beredar foto-foto Iriawan sedang mengikuti gladi bersih upacara pelantikan di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Minggu (17/6/2018).

Dalam foto tersebut terlihat Iriawan hadir bersama Pelaksana Tugas Harian (Plh) Gubernur Jabar Iwa Karniwa. Iriawan menggunakan pakaian batik dan kopiah. Sementara, Plh Gubernur Jabar Iwa Karniwa terlihat menggunakan pakaian safari biru.

Belum ada keterangan resmi atas beredarnya sejumlah foto persiapan pelantikan Pj Gubernur yang akan dilakukan Mendagri Tjahjo Kumolo, Senin (18/6/2018) sekitar pukul 09.30 WIB.

Sebelumnya, Kepala Bagian Publikasi Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Barat, Azis Zulfikar membenarkan mengenai informasi rencana pelantikan Pj Gubernur Jabar Komjen Pol Iriawan yang akan berlangsung Senin, besok. Namun, kata Aziz hingga malam kemarin sekitar pukul 21.40 WIB, Pemprov Jabar belum menerima salinan surat Kepres penunjukan Pj Gubernur dari Kemendagri.

"Sampai malam ini Kami belum terima suratnya. Kami akan dorong lagi agar salinan kepresnya segera dikirimkan. Mungkin suratnya sudah di Kemendagri, tapi belum dikirimkan ke kami," ujar Azis saat dihubungi, Minggu (17/6/2018) malam.

Dia membenarkan jika Senin sudah ada dalam rencana kegiatan pelantikan Pj Gubernur Jabar di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Rencananya, pelantikan akan berlangsung sekitar pukul 09.30 dan dihadiri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

"Besok memang sudah ada agenda pelantikan Pj Gubernur Jabar. Kita tunggu saja sampai besok pagi suratnya. Masa iya, agendanya sudah ada tapi salinan suratnya belum diterima," ungkap dia.

Seperti diketahui, Gubernur Jabar Ahmad Heryawan telah mengakhirr masa jabatannya pada 13 Juni, lalu. Mendagri Tjahjo Kumolo kemudian menunjuk Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa sebagai pelaksana harian (plh) Gubernur Jabar. Penunjukan itu tertuang dalam telegram Mendagri bernomor 121.32/3694/Sj pada Jumat 8 Juni 2018.

Dengan penunjukan Iriawan, Iwa dipastikan hanya bertugas selama lima hari. Iwa sebelumnya menerima memori jabatan Gubernur Jabar pada Rabu, 13 Juni 2018.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6453 seconds (0.1#10.140)