Jamaah Tarekat Syatri di Kota Bukittinggi Baru Hari Ini Rayakan Lebaran

Sabtu, 16 Juni 2018 - 10:56 WIB
Jamaah Tarekat Syatri di Kota Bukittinggi Baru Hari Ini Rayakan Lebaran
Jamaah Tarekat Syatri di Kota Bukittinggi Baru Hari Ini Rayakan Lebaran
A A A
BUKITTINGGI - Jamaah Tarekat Syatri di Kota Bukittinggi, Sumatera Barat baru hari ini merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Sabtu (16/6/2018) pagi, jamaah menggelar Salat Idul Fitri berjamaah sekitar pukul 08.00 WIB di Masjid Nurul Huda Panganak.

Sebelumnya pada Jumat (15/6/2018) sore yang merupakan hari ke-29 pelaksanaan puasa Ramadhan, ratusan jamaah telah melihat hilal yang dilakukan dengan cara 'melihat bulan' dengan mata telanjang di kawasan Perbukitan Bukik Lampasa Panganak.

Dalam Salat Ied Tarekat Syatri diawali oleh tausiah, kemudian dilanjutkan dengan takbir lalu Salat Idul Fitri dan diakhiri dengan khutbah berbahasa Arab yang disampaikan oleh pimpinan Tarekat Syatri di Bukittinggi, Pakiah Tuanku Nan Basa.

Pakiah Tuanku Nan Basa mengatakan, keputusan pelaksanaan Idul Fitri hari ini berdasarkan metode hisab takwim yaitu memantau hilal dengan cara 'melihat bulan' yang dilakukan Jumat sore.

"Dengan terlihatnya hilal sekitar pukul 18.22 kemarin, ibadah puasa Ramadhan genap dilaksanakan jamaah Syatri selama 29 hari," ujarnya di lokasi.

Pakiah Tuanku Nan Basa menyebutkan, selain di Panganak sejumlah jamaah Syatri lain yang tersebar berbagai kota di beberapa provinsi juga menggelar Salat Ied di masjid-masjid daerahnya masing-masing. Penentuan 1 Syawal yang berbeda dengan pemerintah seperti saat ini sudah kesekian kalinya dilakukan oleh Tarekat Syatri.

Tarekat Syatri yang berpusat di Panorama Baru, Kelurahan Panganak, Bukittinggi dengan pengikut yang tersebar di berbagai wilayah di Sumatera Barat dan beberapa daerah di Provinsi Jambi, Bengkulu, hingga Sumatera Selatan ini kerap lebih lambat satu hari melaksanakan Idul Fitri dan awal Ramadhan dengan penetapan yang dilakukan pemerintah.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7114 seconds (0.1#10.140)