Antisipasi Karhutla, Pemkab Kobar Gelar Rapat Koordinasi dengan Lintas Instansi

Jum'at, 08 Juni 2018 - 09:07 WIB
Antisipasi Karhutla,...
Antisipasi Karhutla, Pemkab Kobar Gelar Rapat Koordinasi dengan Lintas Instansi
A A A
PANGKALAN BUN - Jajaran Pemkab Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng bersama sejumlah instansi mulai bersiap mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Salah satu bentuk persiapan yang dilakukan dengan menggelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Karhutla serta Persiapan Apel Siaga yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kobar, Kamis (8/6/2018). Kegiatan ini diikuti oleh unsur TNI, Polri, Manggala Agni, serta para relawan.

Sebelum rakor dibuka oleh Wakil Bupati Kobar Ahmadi Riansyah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kobar Hermon F Lion menyampaikan tujuan digelarnya rapat tersebut.

"Belakangan ini Kabupaten Kobar dan sekitarnya mulai jarang turun hujan, artinya saat ini sudah mulai masuk musim kemarau. Untuk itu kita harus melaksanakan persiapan mencegah karhutla yang biasanya terjadi saat kemarau," kata Hermon.

Sebagai langkah awal persiapan pencegahan karhutla, pihaknya bakal menggelar apel siaga yang pelaksanaannya seusai Lebaran.

"Rencananya apel ini juga akan melibatkan personel dari kabupaten tetangga. Karena potensi permasalahan karhuta tentunya bukan hanya terjadi di daerah kita saja," jelas Hermon lagi.

Selain itu, untuk mengantisipasi karhutla di Kobar bakal dibangun 14 posko lapangan yang tersebar di tiga kecamatan yang dinilai rawan.

"Bukan berarti kita mengabaikan kecamatan lain. Namun prioritas posko ini dibangun di kecamatan yang rawan kebakaran yaitu Arut Selatan, Kotawaringin Lama, dan Kumai."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9636 seconds (0.1#10.140)