Kota Malang Fokus Bangun Kemandirian Ekonomi Lewat Wirausaha Batik

Kamis, 07 Juni 2018 - 15:03 WIB
Kota Malang Fokus Bangun...
Kota Malang Fokus Bangun Kemandirian Ekonomi Lewat Wirausaha Batik
A A A
MALANG - Kota Malang saat ini fokus membangun kemandirian ekonomi lewat wirausaha batik. Salah satu caranya dengan memanfaatkan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT).Keberadaan DBHCT sangat berarti untuk membangun ekonomi masyarakat. Utamanya, sebagai modal membangun wirausaha mandiri masyarakat, salah satunya wirausaha batik khas Kota Malang.
Menurut Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi keberadaan DBHCT harus bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Dana ini, bisa untuk pengembangan usaha ekonomi kreatif masyarakat,” kata dia, Kamis (7/6/2018).

Pada 2018, Kota Malang, mendapatkan DBHCT sebesar Rp32,064 miliar. Dana besar ini, pemanfaatannya tersebar di 12 organisasi pemerintah daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemkot Malang.

Salah satu bentuk kegiatan pemanfaatan anggaran DBHCT, dilakukan oleh Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, dengan menggelar pelatihan membatik.

Selama ini, sudah lebih dari 500 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Malang, hasil dari pelatihan yang didanai DBHCT.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Malang, Tri Widyani mengatakan, batik menjadi salah satu pilihan dalam pelatihan ini, karena sudah memiliki prospek usaha yang sangat bagus. “Masyarakat juga bisa mengembangkannya sebagai usaha mandiri, dengan sistem kelompok,” terangnya.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2805 seconds (0.1#10.140)