Gus Ipul Ajak Anak Muda Menjadi Petani

Kamis, 31 Mei 2018 - 22:27 WIB
Gus Ipul Ajak Anak Muda Menjadi Petani
Gus Ipul Ajak Anak Muda Menjadi Petani
A A A
BONDOWOSO - Calon gubernur (cagub) Jatim nomor urut dua, Saifullah Yusuf (Gus Ipul), menawarkan bagi anak-anak muda ikut program pertanian modern berbasis organik.
Ini untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi pertanian. Pertanian organik diharapkan juga dapat menjadi solusi regenerasi petani dari minimnya minat anak muda di sektor pertanian.
"Dari hasil survei, petani di Jatim mayoritas merupakan petani yang di atas usia 45 tahun. Sedangkan anak mudanya enggan ikut bertani karena alasan 'kurang menjanjikan," kata Gus Ipul.

Hal ini dikatakannya saat berkunjung ke Desa Wisata Pertanian Organik di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Kamis (31/5/2018). Dia menyontohkan pertanian di kawasan ini yang beralih dari sistem pertanian konvensional ke sektor pertanian organik.

Digagas oleh Baidhowi, Ketua Kelompok Desa Wisata Organik Lombok Kulon, hasil sumber daya alamnya di daerah ini dikembangkan menggunakan bahan alami.

"Kawasan ini menjadi contoh. Melalui kesadaran sebuah kelompok, Pak Baidhowi mengajak masyarakat mengubah cara berfikir. Bagaimana caranya menghasilkan produk yang bagus dengan kualitas harga yang bagus pula," kata Gus Ipul.

Menurutnya, pertanian organik menjadi salah satu cara pengembangan dengan hasil menjanjikan. Dimulai dari meningkatkan kualitas kesuburan tanah.
Di sela acara ini, Gus Ipul meninjau langsung sawah yang yang ditanami padi organik. Gus Ipul juga memuji kualitas bulir padi yang lebih padat.
Tak hanya itu, dia juga juga menyaksikan langsung proses pengemasan beras organik yang dilakukan dengan mesin, tepat di samping penggilingan padi.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6973 seconds (0.1#10.140)