Fikes Universitas Muhammadiyah Malang Buka Program Profesi Fisioterapi

Rabu, 30 Mei 2018 - 14:55 WIB
Fikes Universitas Muhammadiyah Malang Buka Program Profesi Fisioterapi
Fikes Universitas Muhammadiyah Malang Buka Program Profesi Fisioterapi
A A A
MALANG - Tahun ajaran baru ini, Fakultas Ilmu Kesehatan (Fikes) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuka program baru pendidikan profesi yakni fisioterapi. Penyelenggaraan pendidikan profesi fisioterapi, merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 80/2013 tentang Penyelenggaraan Pekerjaan dan Praktik Fisioterapis.
Ditargetkan mulai tahun ajaran 2018/2019, pendidikan profesi fisioterapi ini akan mulai menerima pendaftaran bagi mahasiswa baru atau lulusan sarjana fisioterapi UMM.

“Sejak tahun 2012, kita telah membuka pendidikan strata satu fisioterapi. Sudah meluluskan satu angkatan," ujar Kepala Program Studi Fisioterapi, Fiskes UMM, Atika Yulianti, Rabu (30/5/2018).

Antika menyebutkan, selama ini tempat pendidikan profesi fisioterapi masih sangat terbatas. Di Indonesia, baru lima perguruan tinggi yang memiliki program profesi fisioterapi.

Di antaranya Universitas Aisyiyah Yogyakarta (UNISA), Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Solo, Universitas Udayana Bali; Universitas Hasanudin (Unhas) Makassar, dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sebelumnya Fiskes UMM, juga telah membuka program pendidikan profesi ners dan apoteker.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7485 seconds (0.1#10.140)