450 Prajurit Kodam III/Siliwangi Jaga Perbatasan RI-Malaysia

Jum'at, 25 Mei 2018 - 10:25 WIB
450 Prajurit Kodam III/Siliwangi Jaga Perbatasan RI-Malaysia
450 Prajurit Kodam III/Siliwangi Jaga Perbatasan RI-Malaysia
A A A
JAKARTA - Sebanyak 450 personel TNI dari Kodam III/Siliwangi ditugaskan menjaga perbatasan RI-Malaysia selama delapan bulan. Prajurit Yonif 320/Badak Putih yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia itu diberangkatkan dari Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara, Kamis (24/5/2018).

Upacara pemberangkatan ratusan prajurit Siliwangi dipimpin oleh Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Nurcahyanto. "Satgas Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia Yonif 320/Badak Putih melaksanakan tugas menjaga beranda depan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Satgas Pamtas Yonif 320/BP menggantikan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 123/Rajawali Kodam I/Bukit Barisan yang telah menyelesaikan masa tugas dan dirotasi," kata Nurcahyanto.

Kasdam mengemukakan, Satgas Yonif 320/BP sebelumnya pernah melaksanakan tugas operasi dan berhasil mendapatkan penghargaan dari Panglima TNI. Diharapkan pada kesempatan ini juga prajurit Yonif 320/BP dapat menunjukkan prestasi sama bahkan lebih.

"Sebelum berangkat tugas ke daerah operasi, Satgas Pamtas Yonif 320/BP sudah dapat pembekalan dengan melaksanakan latihan pratugas," ujar Kasdam.

Prajurit yang melaksanakan tugas operasi pamtas dipastikan melaksanakan ibadah puasa dan merayakan Idul Fitri 1439 Hijriah di perbatasan. Hal ini merupakan konsekuensi sebagai prajurit dalam mengamankan perbatasan NKRI. Sebab, pengamanan perbatasan darat menjadi salah satu tugas TNI AD sesuai amanah UU Nomor 34/2004 tentang TNI.

"Melaksanakan tugas operasi merupakan salah satu kebanggaan bagi setiap prajurit. Karena tugas operasi akan memberikan nilai lebih dan memberikan pengalaman bagi prajurit," tutur Kasdam.

Kasdam mengungkapkan, keberhasilan dalam tugas operasi pamtas akan berdampak positif pada upaya menjaga keutuhan NKRI. Selain itu, menumbuhkan kepercayaan rakyat terhadap kredibilitas TNI sebagai institusi pertahanan negara.

"Keberhasilan dalam tugas sekaligus akan meningkatkan Citra Yonif 320/BP dan Kodam III/Siliwangi sebagai salah satu satuan terpercaya di jajaran TNI AD. Setiap Komandan dalam satgas memiliki wewenang dan tanggung jawab besar. Karena itu harus dapat memimpin dan membawa anggota dengan baik agar sukses dalam melaksanakan tugas."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6839 seconds (0.1#10.140)