Abraham Samad Lontarkan Gagasan Reformasi Putih

Senin, 21 Mei 2018 - 15:08 WIB
Abraham Samad Lontarkan Gagasan Reformasi Putih
Abraham Samad Lontarkan Gagasan Reformasi Putih
A A A
MANADO - Abraham Samad, Ketua Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) periode 2011-2015 mengaku prihatin terhadap reformasi bangsa Indonesia selama 20 tahun. Menurutnya, persoalan korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN) masih membelenggu bangsa ini.

"Padahal, tujuan utama reformasi 1998 adalah menghancurkan praktek KKN," kata Abraham, di Manado (21/05/2018).

Karena itu, Abraham melontarkan gerakan Reformasi Putih untuk kembali meluruskan tujuan mulia gerakan reformasi. Reformasi Putih adalah gerakan damai yang melibatkan seluruh elemen bangsa untuk melakukan perubahan secara menyeluruh dengan dijawai semangat persatuan dan kesatuan.

Gagasan reformasi putih akan ia sampaikan di tiga kampus di Manado, yakni Universitas Negeri Manado, Universitas Sam Ratulangi, dan Politeknik Negeri Manado pada seminar Spirit of Indonesia di Manado, 21-22 Mei 2018.

Abraham risau akan ihwal perjalanan 20 reformasi. Ia menilai masih maraknya praktek KKN karena bangsa ini tidak fokus.

"Kita seolah sibuk melakukan perubahan. Tapi, kita tidak tahu perubahan itu untuk siapa dan menjawab kebutuhan apa," katanya.

Menurut Abraham, reformasi birokrasi yang saat ini sedang digalakkan hanya dimaknai sebagai remunerasi alias naik gaji, tanpa perubahan yang berarti.

"Akhirnya, rakyatlah yang dikorbankan. Kualitas pelayanan publik rendah, pembangunan tidak merata. Di sisi lain ego sektoral semakin tinggi dan menghambat perubahan itu sendiri," tutur Abraham.
(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5090 seconds (0.1#10.140)