Rudenim Over Kapasitas, 26 Imigran Ditampung di Masjid

Senin, 30 April 2018 - 14:45 WIB
Rudenim Over Kapasitas, 26 Imigran Ditampung di Masjid
Rudenim Over Kapasitas, 26 Imigran Ditampung di Masjid
A A A
MEDAN - Sedikitnya 26 imigran asal Afganistan terpaksa ditampung di Masjid Jamik, Jalan Slebes, Kecamatan Medan Belawan, Medan, Sumatera Utara (Sumut). Sebab, Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Belawan sudah tidak mampu menampung atau over kapasitas.

Ketua DPP Kesatuan Aksi Umat Islam (Kaumi), H Irfan Hamidi mengatakan ke-26 orang warga asing asal Afganistan terdiri dari pria, wanita dan anak - anak telah telantar di depan Kantor Rudenim Medan di Belawan sudah sekitar tiga pekan lebih.

Melihat itu, selaku Ketua BKM Mesjid Jamik bersama pengurus DPP Kaumi, mendatangi Kantor Rudenim untuk mendata seluruh pengungsi untuk diberikan bantuan menjelang Bulan Suci Ramadan. Karena kondisi mereka memprihatinkan, sehingga diputuskan untuk membawa ke 26 pengungsi asal Afganistan itu ke Masjid Jamik agar bisa tidur dan mendapatkan makanan yang layak.

"Melihat kondisi mereka, kami sangat sedih, karena mereka tidur di teras. Kami bawa mereka ke masjid untuk menetap sementara. Mereka kita tempatkan di lantai 2 dengan ditanggung makan sementara," kata H Irfan, Senin (30/4/2018).

Dia berharap Pemerintah dapat segera mengambil langkah untuk menyelamatkan pengungsi asal Afganistan itu, agar mereka bisa dapat menetap di lokasi pengungsian yang lebih layak. "Mereka adalah saudara kita bersama, kita juga membuka bantuan kepada masyarakat yang ingin memberikan sumbangan untuk mereka," harap Irfan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4190 seconds (0.1#10.140)