Selfie dengan Paslon Bupati Tulungagung, Panwaslu Periksa Lima ASN

Kamis, 19 April 2018 - 02:32 WIB
Selfie dengan Paslon Bupati Tulungagung, Panwaslu Periksa Lima ASN
Selfie dengan Paslon Bupati Tulungagung, Panwaslu Periksa Lima ASN
A A A
TULUNGAGUNG- - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tulungagung, Jawa Timur, memintai keterangan lima orang aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Tulungagung yang berfoto selfie dengan salah satu pasangan calon bupati dan wakil bupati.

Panwaslu menggunakan bukti foto yang diunggah di akun media sosial Facebook sebagai dasar pemeriksaan. "Kami meminta keterangan untuk mengklarifikasi yang bersangkutan, "ujar Ketua Panwaslu Tulungagung Endro Sunarko kepada wartawan Rabu (18/4/2018).

Kelima ASN yang diklarifikasi itu adalah WJ, JT, RP, GN, dan SY. Mereka dimintai keterangan secara terpisah terkait foto selfie bersama paslon. Namun karena alasan masih harus diplenokan, Endro belum bersedia menyebut siapa paslon yang dimaksud.

Dia hanya mensinyalir pose yang diperagakan para ASN diduga identik dengan gaya paslon tersebut. "Sebab secara aturan ASN harus netral," paparnya.

Setelah pemeriksaan, panwaslu akan secepatnya menggelar pleno. Hasil pleno akan diberikan kepada Pjs Bupati Tulungagung Jarianto. Menurut dia, pemberian sanksi terkait netralitas tidak dijatuhkan panwaslu, melainkan instansi berwenang.

Informasi yang dihimpun, kelima ASN itu diduga berfoto selfie dengan paslon Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo. Di media sosial mereka juga menirukan gaya paslon tersebut.

Dikonfirmasi terkait ini, Kristiono Joni selaku Ketua Tim Relawan Paslon Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo mengatakan, pihaknya tidak pernah mengajak, mengarahkan, maupun melibatkan ASN untuk berkampanye.

Kalaupun ada ASN yang diduga turut hadir, hal itu dipastikan bersifat personal atau inisiatif individu masing masing. "Kami tahu aturan. Karenanya, jika nanti benar ada ASN yang turut hadir, itu inisiatif masing masing individu, "ujarnya.

Joni juga berharap Panwaslu bisa adil dalam menegakkan aturan. Adanya ASN yang diduga juga berfoto selfie serta terlibat kegiatan kampanye paslon lain, hendaknya juga diperiksa.

"Kalau bicara penegakan aturan, panwas hendaknya juga memeriksa ASN yang diduga terlibat kegiatan kampanye paslon lain. Juga berfoto selfie, "ungkapnya.

Hal senada dikatakan Sumarsono selaku Ketua Tim Pemenangan Paslon Syahri Mulyo-Maryoto Bhirowo, bahwa persoalan itu urusan masing-masing individu. Sebab para ASN tentunya sudah memahami aturan. "Itu urusan masing masing individu. Bukan wilayah kami," tandasnya
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4421 seconds (0.1#10.140)