Buaya Peliharaan Lepas Gegerkan Warga Sukoharjo

Selasa, 10 April 2018 - 20:11 WIB
Buaya Peliharaan Lepas Gegerkan Warga Sukoharjo
Buaya Peliharaan Lepas Gegerkan Warga Sukoharjo
A A A
SUKOHARJO - Warga Dusun Jogobondo, Desa Palur, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, gempar, Selasa (10/4/2018). Seekor buaya berukuran sepanjang enam meter peliharaan seorang warga lepas ke Sungai Sasak.

Buaya tersebut terlihat sekitar pukul 06.00 WIB oleh seorang pemancing. Kala itu, di permukaan sungai muncul kepala buaya tengah mengambang. Kejadian itupun langsung dilaporkan ke aparat yang berwenang.

“Buaya itu adalah peliharaan salah satu warga yang lepas. Informasi ukuran sekitar enam meter berasal dari sang pemilik sendiri,” ungkap Kapolsek Mojolaban, AKP Priyono.

Pencarian buaya lepas juga melibatkan tim SAR dan BKSDA Jawa Tengah. Buaya berhasil ditangkap dengan jaring sekitar pukul 15.30 WIB dan langsung dibawa ke kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) Solo.

Pj Kepala Desa (Kades) Palur Sugito mengungkapkan, setelah mendapatkan laporan warga, pencaharian segera dilakukan. Bahkan banyak warga yang datang dan melihat perburuan, sehingga mereka secara suka rela turut mengamati sungai guna memantau keberadaan buaya. “Saya lihat sendiri kepala buaya di sungai,” terangnya.

Kabid Dukungan Operasional SAR Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Herman Jago mengatakan, pemasangan jaring dalam perburuan guna mencegah buaya menjauh dari lokasi awal. “Ini untuk antisipasi agar buaya tidak menjauh,” kata Herman.

Setelah kembali muncul dan ditangkap, buaya langsung diikat menggunakan tali. Bagian kepalanya juga ditutupi kain. Untuk mengangkatnya ke daratan melibatkan belasan orang. Buaya lalu dinaikkan ke atas mobil pikap untuk dibawa ke TSTJ Solo.

“Kami siap menerima dan merawat buaya itu. Tapi kami belum tahu secara pasti kondisinya,” ucap Kepala TSTJ Solo Bimo Wahyu Widodo.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3471 seconds (0.1#10.140)