Ganjar-Yasin Gagas Ekotren Atasi Kemiskinan di Jateng

Kamis, 22 Maret 2018 - 13:25 WIB
Ganjar-Yasin Gagas Ekotren...
Ganjar-Yasin Gagas Ekotren Atasi Kemiskinan di Jateng
A A A
SEMARANG - Program Ekotren akan dijadikan andalan pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin untuk mengentaskan kemiskinan di Jateng. Ekotren adalah program pengurangan angka kemiskinan yang menyesuaikan ekonomi tren masa kini.

"Kami akan membangun sentra kulakan di seluruh kabupaten dan kota di Jawa Tengah," kata politisi muda PPP yang akrab disapa Gus Yasin saat ditemui di Kota Semarang, Kamis (22/3/2018).

Sentra kulakan tersebut, kata Gus Yasin, akan dibangun di beberapa lokasi strategis, seperti di seputaran masjid atau pondok pesantren. Satu sentra, setidaknya akan membawahi 100 warung kecil di sekitar lokasi inti.

Menurut Yasin, satu sentra kulakan paling tidak akan mempekerjakan lima orang. Jadi ada 100 keluarga pemilik warung kecil yang terbantu dengan sentra kulakan tersebut. "Paling tidak dari sisi perekonomian, satu sentra kulakan bisa membantu 105 orang. Itu baru satu, kami ingin bangun 100-500 sentra kulakan di seluruh wilayah di Jateng," ujarnya.

Gus Yasin yakin program Ekotren bisa jadi satu solusi pengentasan kemiskinan. Program itu sekaligus bisa mengembangkan cara pandang masyarakat tentang kewirausahaan.

Dia mencontohkan, dua modal sosial yaitu masjid dan pondok pesantren punya potensi yang besar. Poltikus PPP itu menyampaikan, ketika Pondok Pesantren Sarang, Rembang memasuki masa libur, perekonomian turun 30%. "Artinya keduanya punya potensi ekonomi yang besar," tuturnya.

Ketika Ekotren berjalan, maka baik masjid maupun pondok pesantren atau sentra kulakan lain diharapkan bisa mandiri. Tidak hanya itu, tapi juga menghidupi lingkungan sekitarnya. Contohnya, saat para pengusaha UMKM bingung memasarkan produknya, bisa melalui Ekotren.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0862 seconds (0.1#10.140)