Pemkab Kobar Segera Dirikan Supermarket Holtikultura

Sabtu, 17 Maret 2018 - 16:19 WIB
Pemkab Kobar Segera Dirikan Supermarket Holtikultura
Pemkab Kobar Segera Dirikan Supermarket Holtikultura
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng dalam upaya mencapai ketahanan pangan dengan cara membangun supermarket holtikultura.

"Kami mempunyai inisiatif ke depan bahwa holtikultura merupakan salah satu produk unggulan kita, selain komoditas padi," ujar Bupati Kobar Nurhidayah, saat meninjau Pojok Holtikultura usai senam bersama di Kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) kobar, Sabtu (17/3/2018).

Ia mengatakan, ini merupakan bentuk motivasi kepada petani lokal, bahwa gagasan dibentuknya Pojok Holtikultura di DTPHP Kobar tidak menutup kemungkinan akan dibangun supermarket holtikultura.

"Kalau ini didukung oleh elemen masyarakat, dengan membangun pasar induk (supermarket) khusus menampung para petani holtikultura dengan jaminan sesuai harga pasar," sebutnya.

Menurutnya, apabila supermarket holtikultura terwujud, maka Kabupaten Kobar tidak lagi mengandalkan pasokan dari Pulau Jawa. Karena Kobar sudah bisa memproduksi tanaman sendiri.

"Awalnya tidak cocok di wilayah kita, setelah kita coba ternyata bisa tumbuh kembang bagus di sini, makanya 2019 saya sudah perintahkan Dinas terkait agar membuka lahan pertanian untuk budidaya holtikultura," sebutnya.

Kepala DTPHP Kobar, Kamaluddin menyampaikan, pihaknya akan merespons untuk mewujudkan mimpi Bupati Kobar terkait pengembangan pertanian. Salah satu prioritas dengan kerja cerdas, tuntas, keikhlasan. Karena pihaknya telah membuktikan tanpa anggaran aktivitas masih bisa berjalan.

"Kita bisa sertifikasi kebun petani sawit 340 hektare tanpa merepoti anggaran daerah, dan Ibu Bupati juga mendapatkan apresiasi dari dunia internasional akan di undang ke Australia, luar biasa dunia terhadap kegiatan kita," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6786 seconds (0.1#10.140)