Tak Hanya Membaca, Mobil KaCa UMM Juga Gali Potensi Siswa

Kamis, 15 Maret 2018 - 18:55 WIB
Tak Hanya Membaca, Mobil KaCa UMM Juga Gali Potensi Siswa
Tak Hanya Membaca, Mobil KaCa UMM Juga Gali Potensi Siswa
A A A
MALANG - Mobil Pintar Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang disebut dengan Mobil Kamis Membaca (KaCa) untuk pertama kalinya memulai perjalanan di Jawa. Kali ini Mobil KaCa mengunjungi SD Muslimat NU 1 Sukun, Kota Malang, Jawa Timur, Kamis (15/3/2018). Sebanyak 78 peserta dari siswa kelas 4, 5, dan 6 menyambut kedatangan Mobil KaCa dengan antusias.

Koordinator Bidang Kesiswaan SD Muslimat NU 1 Sukun, Sudarti sangat senang dengan kedatangan Mobil KaCa UMM. Tidak sekadar membangkitkan literasi siswanya, Mobil KaCa juga memancing siswa untuk terlibat dan berinteraksi dengan masyarakat eksternal, dalam hal ini para mahasiswa dan tim Mobil KaCa dari UMM.

“Dengan ini anak yang tadinya hanya berdiam diri di rumah, istilahnya anak mama, dapat belajar berinteraksi. Mobil KaCa UMM membantu sekolah untuk mengajarkan anak-anak terjun ke masyarakat dan ini positif sekali,” katanya.

Sudarti surprise dengan konsep yang dibawa Mobil KaCa. Tadinya ia menyangka, mobil tersebut sama dengan mobil perpustakaan keliling yang lain.

“Kami sempat berfikir ini apakah seperti yang di perpus keliling gitu. Ternyata berbeda, ada kegiatan yang bukan hanya membaca tapi juga membangkitkan anak-anak untuk berkreasi,” ujarnya.

Ungkapan apresiasi terhadap kegiatan Mobil KaCa juga disampaikan Muhammad Hanani, guru Pendidikan Agama Islam SD Muslimat NU 1 Sukun. Melalui fasilitas yang tersedia di Mobil KaCa, Hanani mengungkapkan banyak manfaat positif yang diperoleh siswanya.

“Bimbingan kepada anak-anak ini sangat menarik. Utamanya untuk sekolah-sekolah yang membutuhkan literasi. Saya ucapkan terima kasih kepada UMM yang sudah memberikan fasilitas seperti ini,” tuturnya.

Tak Hanya Membaca, Mobil KaCa UMM Juga Gali Potensi Siswa


Mobil KaCa mencerna baik slogan UMM Dari Muhammadiyah untuk Bangsa. Melalui program K-A-N-C-A-N-E yaitu Kepo (Ketahui Potensimu), Ayo Dolanan, Nandur, Coto (Konco Cerito) Babad, Aku Jurnalis, Nonton, dan EYL, UMM berupaya hadir memberdayakan pelajar.

Kepo (Ketahui Potensimu) merupakan program yang digagas dengan Bimbingan Konseling (BK) UMM untuk memfasilitasi konseling gratis serta mini tes psikologi bagi siswa, khususnya remaja. Sedangkan Ayo Dolanan merupakan pengenalan berbagai macam permainan tradisional sebagai upaya melestarikan kebudayaan Indonesia.

Ada pula Nandur yang mengajarkan tentang tanam menanam serta Coto (Konco Cerito) Babad untuk mendidik dan menginspirasi melalui dongeng maupun hikayat. Lalu Aku Jurnalis untuk mengedukasi cara menulis dan program English for Young Learner (EYL) untuk belajar bahasa Inggris.

Salah satu siswa kelas 6, Fira, sempat menjajal program KANCANE yakni Aku Jurnalis. Dengan berani, ia mendatangi penjual siomay dan melakukan reportase sederhana.

Fira mengaku senang, ia dapat belajar banyak hal pada kedatangan Mobil KaCa di sekolahnya. “Saya sebenarnya pemalu, tapi karena ini jadi belajar percaya diri,” katanya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7297 seconds (0.1#10.140)