Kadis LH Optimistis Citarum Harum Berlanjut, Walhi Nilai Masih Parsial

Senin, 05 Maret 2018 - 02:04 WIB
Kadis LH Optimistis Citarum Harum Berlanjut, Walhi Nilai Masih Parsial
Kadis LH Optimistis Citarum Harum Berlanjut, Walhi Nilai Masih Parsial
A A A
BANDUNG - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jabar Anang Sudarna mengatakan, program Citarum Harum tidak bergantung kepada individu. Apalagi nanti diperkuat dengan Perpres.

"Artinya, siapa pun gubernurnya, pangdamnya, Citarum Harum akan terus berjalan,” kata Anang kepada KORAN Sindo melalui telepon seluler, Minggu (4/3/2018) malam.

Sebelumnya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo yang menegaskan, Program Citarum Harum akan diperkuat dengan peraturan presiden (perpres) dan dibentuk satuan tugas (Satgas) setingkat badan. Jadi meski gubernur dan pangdam berganti, Citarum Hatum tak akan berhenti.

Sementara itu, Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar Dadan Ramdan Hardja mengatakan, Program Citarum Harum belum bisa dikatakan menyelesaikan permasalahan lingkungan DAS Citarum. Karena, Walhi Jabar melihat pemulihan ekosistem Citarum yang dilakukan masih parsial.

Misalnya, yang dilakukan saat ini hanya di kawasan hulu utama, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung. “Sebetulnya, penanganan Citarum harus dimulai dari anak-anak sungai yang tersebar di barat, timur, utara, dan selatan,” kata Dadan.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6427 seconds (0.1#10.140)