24 Tengkorak Manusia Hendak Dikirim ke Belanda Lewat Bandara Ngurah Rai

Jum'at, 09 Februari 2018 - 11:55 WIB
24 Tengkorak Manusia Hendak Dikirim ke Belanda Lewat Bandara Ngurah Rai
24 Tengkorak Manusia Hendak Dikirim ke Belanda Lewat Bandara Ngurah Rai
A A A
BADUNG - 24 tengkorak manusia yang akan dikirim ke Belanda disita Bea Cukai Ngurah Rai pada 11 dan 18 Januari 2018. Seluruh tengkorak yang diduga dari Papua dan Kalimantan dibungkus dalam plastik ditaruh dalam 4 karton.

“Penindakan Kami lakukan 2 kali, pada 11 dan 18 Januari 2018. Dari 2 kali penindakan itu Kami dapatkan total 4 karton berisi 24 tengkorak manusia,” terang Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Bali, NTB dan NTT, M Syarif Hidayat di Denpasar, Bali, Jumat (9/2/2018).

M Syarif Hidayat mengatakan, keempat karton berisi tengkorak tersebut rencananya akan dikirim ke Belanda sebagai barang kiriman pos. Namun upaya tersebut berhasil digagalkan oleh pejabat Bea Cukai yang mencurigai hasil pencitraan mesin X-Ray barang.

Empat karton berisi total 24 tengkorak manusia yang sudah diukir sedemikian rupa. Selanjutnya pemeriksaan dilakukan bekerja sama dengan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Bali. “Kami sudah berkoordinasi dengan pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya Bali bahwa barang tersebut adalah tengkorak asli manusia,”ujarnya.

M Syarif Hidayat menerangkan, barang tersebut sebelumnya telah dikirim lewat kantor pos oleh seseorang berinisial R dari Kuta, Badung. Sebelumnya pihak pengirim mengatakan bahwa barang itu souvenir tengkorak yang terbuat dari fiber.

"Sepertinya pengirimnya orang lokal. Ini kan sudah beda dia (pengirim) bilang kalau ini souvenir dari fiber, tapi ternyata tengkorak manusia beneran," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3501 seconds (0.1#10.140)