Warga Tarik Sidoarjo Temukan Situs Candi Peninggalan Majapahit

Rabu, 07 Februari 2018 - 13:42 WIB
Warga Tarik Sidoarjo Temukan Situs Candi Peninggalan Majapahit
Warga Tarik Sidoarjo Temukan Situs Candi Peninggalan Majapahit
A A A
SIDOARJO - Warga Dusun Klinter, Desa Kedungbocok, Tarik, Sidoarjo menemukan situs bangunan yang diduga merupakan candi peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain temuan struktur bangunan yang berbentuk candi warga juga banyak menemukan puluhan artefak yang berbentuk makara yang terbuat dari batu.

Kepala Desa Kedungbocok M Ridho mengatakan, struktur bangunan batu bata merah lebar dan tebal memanjang ini ditemukan warga saat sedang mencari rumput di area persawahan dekat area makam umum desa setempat.

“Temuan struktur bangunan batu bata merah ini diduga merupakan bangunan candi yang dibangun sebelum Kerajaan Majapahit dan mungkinkan bangunan tersebut merupakan asal usul awal mula berdirinya Kerajaan Majapahit atau Majapahit Wiwitan,” kata Kades, Rabu (7/2/2018).

Menurut dia, warga menyakini bangunan ini dibuat setelah runtuhnya Kerajaan Singasari dan Diah Sanggrahwijaya beserta keluarga berlari dan menetap lalu mendirikan padukuhan di daerah Alas Terik atau Tarik Sidoarjo ini berdekatan dengan Mojokerto yang menjadi pusat Kerajaan Majapahit.

“Selain temuan struktur bangunan candi warga juga banyak menemukan sejumlah artefak yang banyak terbuat dari batu di ladang persawahan. Bahkan artefak seperti makara, batu andesit berbentuk dorpal dan batu pipisan atau arupadatu juga diamankan warga,” timpalnya.

Kini artefak-artefak tersebut dikumpulkan di sebuah ruangan di kantor desa setempat. Menurut rencana sejumlah barang purbakala temuan warga ini akan dibuat museum cagar budaya.

Sementara temuan warga ini sendiri oleh pihak perangkat desa setempat telah dilaporkan ke dinas terkait, Dinas Cagar Budaya yang ada di Trowulan Mojokerto.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5499 seconds (0.1#10.140)