Jalur Pantura Jawa Tengah Siaga Darurat Banjir

Selasa, 06 Februari 2018 - 18:49 WIB
Jalur Pantura Jawa Tengah Siaga Darurat Banjir
Jalur Pantura Jawa Tengah Siaga Darurat Banjir
A A A
SEMARANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jateng menetapkan siaga darurat banjir di jalur pantai utara (Pantura) Jawa Tengah. Peningkatan status tersebut menyusul terjadinya banjir di sejumlah wilayah di sepanjang jalur Pantura bagian Timur, antara lain banjir Semarang di sepanjang Jalan Raya Kaligawe Genuk, sebagian wilayah Kabupaten Jepara, Kudus, dan Pati.

"Sekarang, kami tetapkan status siaga darurat. Saat ini, kami sedang berkoordinasi dengan pihak BBWS dan PSDA untuk mengatasi banjir di lokasi tersebut dengan ketinggian yang bervariasi," kata Kepala BPBD Jateng, Sarwa Pramana, Selasa (6/2/2018)

Sarwa membeberkan, banjir akibat jebolnya tanggul Kali Piji telah merendam warga satu desa di Kabupaten Kudus. "Para petugas saat ini sedang berupaya memperbaiki tanggul dengan menggunakan karung pasir sebagai tanggul sementara. Mudah-mudahan bisa dilakukan penutupan," ujarnya.

Sedangkan di Jepara, banjir merendam sejumlah kelurahan dan kecamatan Kalinyamatan, Mayong, Kawedan. Sedangkan banjir di wilayah Kabupaten Pati karena dipicu fungsi drainade yang buruk.

Sarwa menambahkan, banjir di sepanjang Jalan Raya Kaligawe, Kota Semarang, diakibatkan karena adanya pasang air laut atau rob. Kondisi semakin parah akibat masih tingginya curah hujan yang terjadi hampir sepekan terakhir ini.

Pihaknya sudah mengupayakan minta bantuan kepada Kementerian PUPR, karena dari total 16 pompa, ada beberapa unit yang tidak mampu mengatasi banjir di Kaligawe. Sarwa menyebutkan, dampak paling parah terjadi di bawah fly over tol dan kawasan dekat Polsek Genuk.

Hal tersebut tak lepas adanya kerusakan pompa air akibat terlalu lama terendam banjir. Selain itu, banjir bandang juga telah melanda di kawasan Kecamatan Tugu, terutama Kelurahan Mangkang Wetan akibat meluapnya Sungai Beringin.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0337 seconds (0.1#10.140)
pixels