Api Mengamuk di Puncak Gunung Talang, Puluhan Hektare Ludes Terbakar

Kamis, 01 Februari 2018 - 16:16 WIB
Api Mengamuk di Puncak Gunung Talang, Puluhan Hektare Ludes Terbakar
Api Mengamuk di Puncak Gunung Talang, Puluhan Hektare Ludes Terbakar
A A A
PADANG - Diduga sisa api atau puntung rokok para pendaki membuat puncak Gunung Talang di Kabupaten Solok, Sumatera Barat terbakar. Sejak pagi tadi hingga sore ini, api terus menjalar mendekati kawasan hutan lindung.

"Tadi dikira ada letusan Gunung Talang tapi setelah terus diamati ternyata puncak Gunung Talang yang terbakar. Info sementara diduga sisa api unggun atau mungkin puntung rokok para pendaki yang masih tersisa apinya," ungkap Pengamat Gunung Talang di Solok, Seprius, Kamis (1/2/2018).

Info yang diperoleh juga para pendaki Gunung Talang diduga terjebak akibat kebakaran puncak Gunung Talang. "Info yang kita dapat kabarnya para pendaki terjebak tapi itu belum pasti mudah-mudahan mereka dalam perjalanan turun, karena sampai saat ini kita belum dapat kabar," tuturnya.

Puncak Gunung Talang yang terbakar itu ada tiga titik, yaitu bagian sisi selatan, tenggara dan timur dan dekat kawah gunung. "Sampai saat ini panjang yang terbakar itu ada sekitar satu kilometer dan sudah mendekati kawasan hutan lindung," terang Seprius.

Sementara ini pihak pengamat Gunung Talang sudah mengabarkan kejadian itu kepada BPBD Kabupaten Solok dan BPBD Provinsi Sumatera Barat. "Umumnya lahan yang terbakar itu hanya semak ilalang dengan kondisi cuaca panas itu akan mudah tersulut api," terangnya.

Untuk memadamkan api menurut Seprius ada dua cara yakni membuat selokan agar api tidak menjalar ke daerah lain kemudian bisa dipadamkan dengan helikopter. "Kalau memakai mobil pemadam kebakaran itu tidak mungkin karena posisi terbakarnya di puncak gunung," ujarnya.

Gunung Talang memiliki ketinggian 1.597 meter dari permukaan laut, status Gunung Talang ini masih waspada sejak 20 Desember 2014.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6084 seconds (0.1#10.140)