Aher: Jadikan Gerhana Bulan sebagai Momentum Pembelajaran

Rabu, 31 Januari 2018 - 17:02 WIB
Aher: Jadikan Gerhana Bulan sebagai Momentum Pembelajaran
Aher: Jadikan Gerhana Bulan sebagai Momentum Pembelajaran
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan didampingi pejabat Pemprov Jabar dan masyarakat umum akan melaksanakan salat gerhana sekaligus menyaksikan langsung fenomena Super Blue Blood Moon di Masjid Al-Muttaqin, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (31/1/2018).

Menurut Aher, sapaan akrab Gubernur Jabar, masyarakat wajib mensyukuri fenomena ini dan mengagungkan Allah SWT serta menjadikannya sebagai media pembelajaran (ibroh), termasuk mendorong minat dalam mempelajari ilmu pengetahuan (sains).

“Dua tanda kebesaran Allah di antaranya adalah bulan dan matahari, semua fenomena alam adalah kehendak-Nya dan mari kita cermati bersama sebagai media pembelajaran untuk kita semua,” tutur Aher di Bandung, Rabu (31/1/2018).

Terlebih, merujuk imbauan Dirjen Binmas Departemen Agama, masyarakat sangat disarankan (sunnah muakkad) untuk salat, mendengarkan khotbah, serta memperbanyak zikir. Aher mengatakan, semua elemen di Jabar harus bersyukur dengan cara melipatgandakan ikhtiar dalam mengelola alam semesta.

Aher pun berharap, masyarakat menjadikan momentum kebesaran Allah SWT tersebut sebagai titik tolak dalam mengelola bumi Jabar dengan pengelolaan yang berkesinambungan untuk masa depan yang lebih sejahtera.

Aher menambahkan, gerhana bulan ini merupakan fenomena alam yang menggambarkan betapa teraturnya alam semesta yang dirancang oleh Allah SWT. “Kita berdecak kagum sekaligus berucap syukur dan takbir atas keteraturan ini,” ujarnya.

Aher pun menekankan, dalam agama Islam khususnya, saat terjadi gerhana diperintahkan untuk mengucap takbir, berdoa, melaksanakan shalat, dan melihat langsung dengan kasat mata maupun alat bantu.

Sebelumnya, aktivitas serupa dilakukan Aher, pimpinan, dan masyarakat Jabar saat terjadi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Bertempat di Masjid Al-Muttaqin, seluruh hadirin saat itu memulai dengan salat dan diakhiri dengan melihat bersama fenomena alam itu.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 6.2012 seconds (0.1#10.140)