BMKG Laporkan Penyebaran Hoax Gempa Susulan 7,5 SR ke Polda Banten

Sabtu, 27 Januari 2018 - 00:06 WIB
BMKG Laporkan Penyebaran...
BMKG Laporkan Penyebaran Hoax Gempa Susulan 7,5 SR ke Polda Banten
A A A
SERANG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang resmi melaporkan kasus penyebaran informasi hoax berisikan bakal adanya gempa susulan di Kabupaten Lebak, Banten, dengan kekuatan yang lebih besar setelah gempa 6,1 Skala Richter pada Selasa (23/1/2018).

"Kemarin (Kamis 25 Januari 2018) laporannya ke Polda Banten. Laporan ini inisiatif kita, karena BMKG sudah sangat dirugikan dengan informasi itu," kata Kepala BMKG Klas I Serang Sugarin saat dikonfirmasi SINDOnews, Jumat (26/1/2018).

Selain merugikan institusinya, informasi akan adanya gempa 7,5 SR pada pukul 22.30-23.59 WIB yang beredar di media sosial itu juga meresahkan warga, terutama di Kabupaten Lebak, Banten. "Untuk memberikan efek jera, semoga cepat ditangkap pelaku penyebarnya, agar kejadian serupa tak kembali terjadi," ujarnya.

Guna mempermudah proses penyelidikan, BMKG menyerahkan barang bukti berupa print out selebaran informasi hoax. Selain itu, Sugarin mengaku bahwa penyidik sudah memintai keterangan. "Kemarin dari sore sampai jam 10 malam," katanya.

Direktur Kriminal Khusus Polda Banten Kombes Pol Abdul Karim membenarkan pihaknya sudah menerima laporan dari BMKG. Saat ini, kasus tersebut tengah proses penyelidikan. "Iya benar, dari BMKG sudah buat laporan polisi ke Polda," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0617 seconds (0.1#10.140)