Oded M Danial : Harta Sedikit Nggak Masalah yang Penting Enak Tidur

Kamis, 25 Januari 2018 - 12:28 WIB
Oded M Danial : Harta Sedikit Nggak Masalah yang Penting Enak Tidur
Oded M Danial : Harta Sedikit Nggak Masalah yang Penting Enak Tidur
A A A
BANDUNG - Bakal calon Wali Kota Bandung Oded M Danial menjadi kandidat yang memiliki jumlah harta kekayaan paling sedikit dibandingkan dengan tujuh calon lainnya.

Berdasarkan laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) dari komisi pemberatansan korupsi (KPK) yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) ujar Kota Bandung, incumbent Wakil Wali Kota ini hanya memiliki total harta kekayaan sekitar Rp2,2 miliar. Nilai itu sebagian besarnya berupa aset tidak bergerak, seperti tanah dan rumah.

Sedangkan, bakal calon Wakil Wali Kota Chairul Yaqin Hidayat menjadi kandidat paling kaya dengan memiliki total harta kekayaan mencapai Rp30 miliar. Kendati demikian, Oded mengaku tidak mempermasalahkan mengenai sedikitnya jumlah harta kekayaannya dibandingkan kandidat lain.

Menurut dia, harta kekayaan yang ada saat ini memang hasil jerih payahnya selama menjabat sebagai wakil wali kota Bandung empat tahun terakhir. Menurut Oded, jumlah harta kekayaan bukan menjadi tolak ukur menjadi pemenang dalam kontestalasi Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Bandung.

"Ya memang begitu adanya. Harta yang bertambah itu karena nilai jual tanah yang terus naik setiap tahun," kata Oded di Balaikota Bandung, Kamis(25/1/2018).

Dia menyebutkan, tidak merasa minder atau malu selaku pejabat negara yang memiliki kekuasaan tetapi hanya mempunyai sedikit harta dibandingkan bakal calon lainnya. "Nggak masalah lah. Harta ngak perlu banyak-banyak. Kan cuma sementara, yang penting mah enak tidur," kata Oded.

Sebelumnya, ketika maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot)‎ Bandung 2013 silam, Oded yang kala itu berlatarbelakang sebagai anggota DPRD Kota Bandung juga hanya memiliki kekayaan total sekitar Rp80 juta, setelah dikurangi utang.

"itulah barangkali realitas fakta bahwa sejak saya 5 tahun dari LHKPN dulu waktu mau nyalon cuma Rp80 juta. Itulah barangkali rezeki yang saya dapatkan lima tahun dan itupun aslinya lebih dari 80% harga aset,‎" kata Oded.

Meskipun harta kekayaannya paling kecil di antara kandidat lainnya, namun Oded tetap ‎percaya diri maju di ajang Pilwalkot Bandung 2018. Oded tidak mau dipusingkan dengan modal dari bakal calon lainya yang lebih besar.

"Saya ngga mau komentar orang lain, bagi saya urusan harta kekayaan itu hanya wasilah hanya alat hidup saja. Instrumen untuk kita stabil dalam kehidupan ini dan digunakan kepada Allah swt, yang penting anak sekolah aman, hidup di rumah tercukupi," terangnya.

Seperti diketahui, berdasarkan LHKPN KPK yang diterima KPU Kota Bandung terlihat jika jumlah harta kekayaan yang dimiliki delapan bakal calon wali kota dan wakil wali kota Bandung. Harta terbesar berdasarkan LHKPN adalah Bakal Calon Wakil Wali Kota Bandung Chairul Yaqin Hidayat sebesar Rp30.035.191.946.

Kemudian, Bakal Wali Kota Nurul Arifin dengan nilai Rp11.193.085.371.Setelah itu, bakal calon Wakil Wali Kota Yana Mulyana Rp8.254.250.215, disusul kandidat wakil wali kota dan wakil wali kota dari jalur perorangan Dony Mulyana Kurnia Rp6.651.538.897 serta Yayat Rustandi Rp5.504.772.344.

Di posisi enam, Bakal Pasangan Calon HebRing yakni Wali Kota Bandung Aries Supriatna dengan jumlah harta kekayaan mencapai Rp4.445.676.920. Terakhir adalah bakal calon wali kota Bandung Oded M Danial dengan total kekayaan Rp 2.259.202.011.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5538 seconds (0.1#10.140)