Tanggul Muara Sungai Sengkarang Jebol, Banjir Pekalongan Sulit Diatasi

Sabtu, 06 Januari 2018 - 15:08 WIB
Tanggul Muara Sungai...
Tanggul Muara Sungai Sengkarang Jebol, Banjir Pekalongan Sulit Diatasi
A A A
PEKALONGAN - Tanggul sungai Sengkarang jebol di bagian muara, tepat di Desa Jeruksari, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Aliran sungai terbesar di Pekalongan ini langsung limpas dan masuk ke lahan tambak serta sawah dan permukiman penduduk.

Selain tanggul sungai, tanggul penahan gelombang juga tenggelam dan jebol sekitar 100 meter. Ratusan hektare tambak tak bisa dipakai lagi, karena tanggul tambak tak terlihat lagi sehingga seperti lautan.

Ratusan hektare lahan sawah juga berubah jadi danau, sehingga praktis tak bisa dipergunakan sebagai lahan pertanian. Luapan sungai dan diperparah dengan banjir air pasang ini juga menenggelamkan ratusan rumah warga dan sejumlah sekolah .

Sampai saat ini tanggul yang jebol masih belum diperbaiki, sehingga banjir di Pekalongan sulit tertangani dan tidak perah surut. “Tanggul sungai Sengkarang jebol setelah hujan di hulu dan aliran sungai sangat deras. Warga sekitar langsung melakukan pemantauan agar bisa segera ditangani,“ jelas Mofid, anggota DPRD kota Pekalongan, Sabtu (6/1/2017)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( DPU PR ) Kota Pekalongan Joko Purnomo menjelaskan, jebolnya tanggul muara sungai Sengkarang sudah terjadi sekitar 3 hari. Kondisi ini memperparah banjir air pasang karena ditambah dengan masuknya air sungai ke permukiman.

“Sampai saat ini kami belum ada langkah yang akan diambil, karena kewenangan di wilayah perbatasan merupakan kewenangan provinsi. Namun, pemkot terus berupaya untuk membangun beberapa proyek guna menanggulangi masalah dari wilayah kota Pekalongan sendiri,“ katanya.

Ratusan rumah warga masih terendam banjir terutama di Kelurahan Padukuhan Kraton, Bandengan, Kandang Panjang, Panjang Baru, Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara. Di Kecamatan Pekalongan Barat yang terendam adalah Kelurahan Pasir Kramat Kraton dan Tirto. Wilayah Kabupaten Pekalongan yang terdampak adalah Desa Jeruksari, Mulyorejo, Tegaldowo, dan Karangjompo, Kecamatan Tirto.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9071 seconds (0.1#10.140)