Sambut Tahun Baru, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Budaya

Minggu, 31 Desember 2017 - 17:10 WIB
Sambut Tahun Baru, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Budaya
Sambut Tahun Baru, Bandara Adisutjipto Gelar Kirab Budaya
A A A
SLEMAN - PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto dan Lanud Adisutjipto Yogyakarta menggelar kirab kereta kencana bandara dan Bregada Wirawaskita Satpomau Lanud setempat, Minggu (31/12/2017).

Kegiatan dalam rangka menyambut tahun baru 2018 tersebut mengambil rute dari Taman Borobudur Bandara-Jalan Adisutjipto-Tugu Contong Lanud-Mako Danlanud Adisutjipto-Taman Borodubur Bandara sekitar 3 kilometer.

Kirab diawali Bregada Wirawaskita Satpomau Lanud Adisutjipto, di belakangnya kereta kencana bandara, disusul pasukan Wanita Angkatan Udara (Wara), lalu pasukan Detaseman Pertahanan Udara (Denhanud) Paskhas Yogyakarta.

General Manager (GM) PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta Kol Pnb Agus Pandu Purnama mengatakan, selain untuk menghibur para pengguna jasa penerbangan di Bandara Adisutjipto, kirab budaya ini juga untuk melestarikan budaya yang ada di Yogyakarta. "Ini merupakan kegiatan yang bahkan di dunia baru satu-satunya, sehingga akan menjadi agenda rutin di akhir tahun," kata Pandu.

Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Novan Samyoga menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian komunitas Bandara Adisutjipto, terutama dalam menyemarakkan kegiatan pariwisata di DIY.

"Kirab budaya ini juga sebagai bentuk asimilasi, yaitu perpaduan bergodo tradisional keraton dan prajurit zaman now. Hal itu bisa dilihat dari perpaduan penggunaan senjata bergodo. Di depan menggunakan senjata organik, bergodo di belakangnya dengan menggunakan tombak, ciri khas keraton," jelasnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6964 seconds (0.1#10.140)