Hadir di Konsolidasi Golkar, PKB-PAN Bakal Ikut Dukung Nurul Arifin

Sabtu, 30 Desember 2017 - 14:47 WIB
Hadir di Konsolidasi Golkar, PKB-PAN Bakal Ikut Dukung Nurul Arifin
Hadir di Konsolidasi Golkar, PKB-PAN Bakal Ikut Dukung Nurul Arifin
A A A
BANDUNG - Konsolidasi dan silaturahmi Partai Golkar Kota Bandung tidak hanya dihadiri pasangan calon wali kota, wakil wali kota Bandung dan kader. Kegiatan yang berlangsung di ballroom Hotel Grand Arsilia pada Sabtu (30/12/2017) itu ternyata dihadiri sejumlah ketua partai pendukung yakni Ketua DPD II Golkar Jabar Deden Rukmana dan Ketua Partai Demokrat Erwan Setiawan.

Namun, di antara jajaran pengurus partai koalisi pendukung pasangan Nurul Arifin-Chairul Y Hidayat, terlihat juga hadir Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Bandung Erwin Affandi didampingi sekertaris PKB Kota Bandung. Bahkan, jajaran pengurus Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Bandung pun turut hadir.

Seperti diketahui, Partai Golkar-Demokrat telah sepakat berkoalisi untuk mengusung pasangan calon Wali Kota Bandung dan Wakilnya yakni Nurul Arifin-Chairul Y Hidayat (Rully). Koalisi parpol ini menjadi yang pertama meyakinkan diri untuk maju dalam mengusung pasangan calon di Pilwalkot Bandubg 2018.

Namun, dengan kehadiran PKB dan PAN Kota Bandung dalam kegiatan konsolidasi internal Golkar apakah kedua partai tersebut bakal ikut mendukung pasangan Nurul Arifin-Rully di pilwalkot Bandung.

Seperti diketahui, PKB telah resmi memberikan dukungan terhadap bakal calon wali kota Bandung Fiki Satari melalui Surat Keputusan (SK) yang diserahkan di Kantor DPW PKB Jabar, Rabu 27 September 2017. Bahkan, surat rekomendasi itu diserahkan langsung Ketua DPW PKB Jabar Syaiful Huda melalui Ketua DPC PKB Kota Bandung Erwin Affandi.

Menurut Erwin, dukungan PKB kepada Fiki karena didasari oleh kesamaan visi dan misi Fiki yang ingin memajukan Kota Bandung. Latar belakang Fiki yang seorang pengusaha muda memiliki keinginan untuk membangun sekolah yang adil dan berkualitas, perlindungan warga miskin, pengentasan daerah kumuh, pembangunan pusat kreativitas pemuda, dan memastikan gizi bagi balita dan ibu hamil.

Tetapi, kehadiran PKB dalam acara Konsolidasi dan Silaturahmi Partai Golkar diprediksi dapat beralih haluan untuk keputusan memberikan dukungan. Erwin mengakui, PKB telah memberikan surat rekomendasi kepada salah satu calon Yakni TB Fiki Satari. Namun, kandidat yang diusung tersebut belum memiliki perahu.

"Keputusannya akan diumumkan dalam waktu satu atau dua hari lagi. Memang sudah ada satu calon yang kami dukung. Tapi, calon ini belum memiliki perahu," katanya seusai kegiatan konsolidasi dan silaturahmi Partai Golkar.

Erwin menegaskan, kehadirannya dalam acara internal Golkar ini tidak akan membuat perpecahan di tubuh PKB Kota Bandung. Bahkan, kata dia, kandidat yang didukung PKB juga akan ikut mendukung pasangan ini. "Kami akan tetap menggunakan etika politik. Tapi, secara prinsip, kalau calon yang diusung tidak dapat perahu bisa jadi PKB ikut mendukung," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkat Kota Bandung Deden Rukmana mengatakan, partainya akan terus membuka komunikasi bersama parpol lain, termasuk PKB dan PAN. "Kita masih membuka koalisi ini untuk partai lain agar bisa bergabung. Tidak ada yang istimewa, ini hanya menjadi tahapan dalam menghadapi Pilwalkot Bandung," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6877 seconds (0.1#10.140)