Bupati Klungkung Ajak Masyarakat Produksi Beras Lokal

Senin, 18 Desember 2017 - 15:20 WIB
Bupati Klungkung Ajak Masyarakat Produksi Beras Lokal
Bupati Klungkung Ajak Masyarakat Produksi Beras Lokal
A A A
KLUNGKUNG - Bupati Klungkung, Bali, I Nyoman Suwirta mengadakan program inovatif dengan melakukan peningkatan dan pemanfaatan terhadap beras lokal. Program inovatif tersebut diberi nama ‘Beli Mahal Jual Murah’ yang merupakan program kerjasama antara pemerintah Kabupaten Klungkung dengan Koperasi Unit Desa (KUD).

“Dengan adanya program ini saya berharap kesejahteraan petani di Kabupaten Klungkung lebih meningkat dengan hasil penjualan gabah yang meningkat. Program ini juga untuk menghindari pembelian oleh tengkulak yang sewaktu-waktu bisa menjatuhkan harga,” kata Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Senin (18/12/2017).

Bupati I Nyoman Suwirta juga mengajak masyarakat, koperasi, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan swalayan memproduksi beras lokal. Program ‘Beli Mahal Jual Murah’ merupakan cara pemerintah untuk bekerja sama dengan menggandeng Koperasi Unit Desa (KUD) agar dapat membeli langsung gabah petani dengan harga lebih mahal dari harga yang ada dipasaran.

Selain itu, beras yang dihasilkan oleh petani selanjutnya akan dilepas kepasaran dengan harga yang lebih murah dari harga biasanya. “Dengan metode seperti ini jalur distribusi gabah dan pendistribusian beras dapat dipangkas,” ungkap Suwirta.

Dia juga berharap dengan peninjauan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, pembelian gabah yang ada petani, hingga penyaluran beras lokal bagi PNS dan pemasarannya melalui koperasi.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga menyambut baik program tersebut. Dia menilai perkembangan koperasi di Klungkung sudah baik. Dirinya sangat mengapresiasi peran koperasi dalam menyejahterakan masyarakat dan ikut berperan dalam ketahanan pangan.

“Perkembangan koperasi di Kabupaten Klungkung sudah baik. Untuk lebih meningkatkan kualitas koperasi dan UKM, diperlukan dukungan dan peran pemerintah dalam hal kebijakan. Seperti pemberian bunga rendah kepada para pelaku UKM yang berdampak pada peningkatan produksi,” papar Puspayoga.
Bupati Klungkung Ajak Masyarakat Produksi Beras Lokal
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6809 seconds (0.1#10.140)