Inkanas Gelar Kejuaraan Terbuka Karate Internasional di Bandung

Sabtu, 16 Desember 2017 - 14:59 WIB
Inkanas Gelar Kejuaraan Terbuka Karate Internasional di Bandung
Inkanas Gelar Kejuaraan Terbuka Karate Internasional di Bandung
A A A
BANDUNG - Institut Karate-Do Nasional (Inkanas) menggelar Karate Shoto Open Tournament 2017 di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung. Turnamen yang berlangsung selama tiga hari, Jumat-Sabtu (15-16/12/2017) itu diikuti 864 karateka dari 12 negara.

Kegiatan yang telah dimulai sejak Jumat (15/12/2017) itu dibuka Irwasum Mabes Polri Komjen Pol Putut Bayu Seno mewakili Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian. Dalam sambutannya, Putut mengatakan, olahraga beladiri karate di Indonesia berkembang sangat pesat. Data menunjukkan, di Indonesia terdapat 7,5 juta karateka aktif. Berbagai kejuaraan pun dilaksanakan baik oleh perguruan, antarperguruan, maupun Federasi Organisasi Karate-Do Indonesia (Forki).

"Tujuan turnamen itu, termasuk yang digelar Inkanas, Karate Shoto Open Tournament 2017, adalah untuk mencari bibit potensial atlet karate yang akan diterjunkan di ASEAN Games 2018 dan Olimpiade Tokyo 2020," kata Putut.

Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Inkanas Indonesia Jenderal Pol (Purnawirawan) Badrodin Haiti mengatakan, kejuaraan terbuka ini diikuti karateka dari Asia-Australia, bahkan Afrika. Para peserta selain dari Indonesia sebagai tuan rumah, juga diikuti peserta dari Brunei Daarussalam, China, Iran, Jepang, Nepal, Nigeria, Philipina, Singapura, Australia, dan Vietnam.

"Selain turnamen, Inkanas juga menggelar seminar yang membahas tentang pelatihan bagi karateka, khususnya yang beraliran shoto," kata Badrodin.

Ketua Pelaksana Turnamen Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengemukakan, Karate Shoto Open Tournament 2017 merupakan ajang menjaring bibit atlet potensial, dan meningkatkan prestasi olahraga karate di Indonesia.

"Kejuaraan yang terselenggarakan berkat kerja sama antara Asian Karate Federation, Japan Karet Shoto, Institute Karatedo International, dan Inkanas ini mempertandingkan kelas anak-anak, kadet, yunior, dan senior," kata Agung.

Hadir pula dalam kejuaraan tersebut antara lain, Dubes Jepang Mr Masafumi Ishii dan Direktor Shuseku Shihan Masae Kagawa.
Inkanas Gelar Kejuaraan Terbuka Karate Internasional di Bandung
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8041 seconds (0.1#10.140)