Alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad Gelar Kongres

Selasa, 12 Desember 2017 - 16:28 WIB
Alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad Gelar Kongres
Alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad Gelar Kongres
A A A
BANDUNG - Alumni Program Doktoral Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran akan menggelar Kongres Pertama Alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi. Acara akan digelar di Gedung Unpad Training Center (UTC), Jalan Juanda, Bandung. Kongres ini akan dihadiri sekitar 150 peserta dari seluruh Indonesia pada Hari Rabu, 13 Desember 2017.

Dalam kongres ini juga akan diselenggarkan Diskusi Ilmiah bertajuk 'Peran Serta Kaum Intelektual dalam Menjembatani Gap Komunikasi dan Mengantisipasi Persaingan Masyarakat Global'. Pembicara dalam diskusi ini ialah Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad; Ketua Komisi Penyiaran Indonesia, Yuliandre Darwis dan perwakilan Alumni Fikom, Alo Liliweri.

Ketua Kongres I, Rahmat Edi Irawan mengatakan, Alumni Doktor Ilmu Komunikasi Unpad merupakan bagian terbesar dari keseluruhan alumni penyandang gelar doktor bidang Ilmu Komunikasi di Indonesia. Lulusan program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad berjumlah lebih dari 150 orang dengan latar belakang profesi dan keahlian yang berbeda-beda.

"Dimana 10 orang diantaranya sudah menjadi Guru Besar di pelbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (12/12/2017).

Melalui kongres ini diharapkan terjalin silahturahmi di antara para alumni untuk membantu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, serta profesi. Kemudian, bisa menggalang kebermaknaan sumber daya dengan cara menampung, menyalurkan dan penggerak aspirasi anggota.

"Selain itu juga bisa membentuk struktur organisasi komunitas alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad," paparnya.

Dikatakan, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi hari ini telah melahirkan fenomena budaya media yang secara praktis telah melahirkan kecenderungan-kecenderungan yang tidak jarang menimbulkan kegagalan komunikasi pada tingkat regional dan nasional.

Peran pemerintah belum cukup untuk memberikan solusi yang tepat dari perspektif komunikasi yang efektif, sehingga perlu adanya kontribusi dari para ahli di bidang ilmu komunikasi, dalam hal ini para doktor bidang ilmu komunikasi.

"Visi besar pembentukan komunitas ini juga diharapkan menjadi wadah brainstorming isu-isu komunikasi guna mencari solusi berbagai permasalahan bangsa, dalam bingkai persatuan dan kesatuan. Inilah yang menjadi motivasi penyelenggaraan kongres Komunitas Alumni Program Doktor Ilmu Komunikasi Unpad," pungkasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3988 seconds (0.1#10.140)