Hanya Digaji Rp150.000 Perbulan, Guru Honor di Mamuju Utara Demo

Sabtu, 25 November 2017 - 16:52 WIB
Hanya Digaji Rp150.000 Perbulan, Guru Honor di Mamuju Utara Demo
Hanya Digaji Rp150.000 Perbulan, Guru Honor di Mamuju Utara Demo
A A A
MAMUJU UTARA - Miris, digaji hanya Rp150.000 perbulan, puluhan guru honorer di Kabupaten Mamuju Utara, Provinsi Sulawesi Barat langsung melakukan demo seusai Upacara Peringatan Hari Guru Nasional di depan kantor Bupati.

Dengan menggunakan pengeras suara, puluhan guru honorer bergantian berorasi meminta Bupati Mamuju Utara segera menerbitkan SK Pengangkatan Guru Honorer Kabupaten.

Puluhan guru ini juga mengaku digaji Rp5.000 hingga Rp10.000 perjam dan hanya mampu menghasilkan gaji sebesar Rp150.000 perbulan.

Para guru honorer ini juga mengaku dibayarkan tiga bulan satu kali setelah dana bos sekolah dicairkan. Namun hingga hampir satu jam berorasi secara bergantian tak satupun pejabat yang menemui para pendemo.

Hajar H Perwakilan Guru Honorer mengatakan, demo guru ini menuntut pemerintah Kabupaten Mamuju Utara segera menerbitkan SK kabupaten seperti yang telah dijanjikan oleh Bupati, dan segera menetapkan upah sesuai UMR kabupaten terhadap seribu lebih guru honorer di Kabupaten Mamuju Utara.

Sementara Bupati Mamuju Utara, Agus Ambo Djiwa mengatakan, masih menunggu petunjuk pusat soal penerbitan SK Kabupaten bagi guru honorer. Namun itu masih melalui proses verifikasi karena masih banyak yang tidak memenuhi standar verifikasi guru.

Hingga saat ini kurang lebih 1.000 tenaga guru honorer di Kabupaten Mamuju Utara, belum mendapatkan SK pengangkatan dari Pemerintah Kabupaten Mamuju Utara.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.4033 seconds (0.1#10.140)