Usai Dapat Marga, Kahiyang Ayu Manortor

Selasa, 21 November 2017 - 23:26 WIB
Usai Dapat Marga, Kahiyang Ayu Manortor
Usai Dapat Marga, Kahiyang Ayu Manortor
A A A
MEDAN - Proses penabalan atau pemberian marga Siregar pada Kahiyang Ayu berlangsung sukses di kediaman Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Afif Nasution, di Jalan STM Suka Tangkas No 17, Medan, Selasa (21/11/2017).

Puteri Presiden Joko Widodo itu resmi bermarga Siregar setelah dilakukan pemukulan gondang sebanyak tiga kali dan lemparan beras kuning.
Usai Dapat Marga, Kahiyang Ayu Manortor

Dalam prosesi adat penabalan marga itu, Kahiyang tampak cantik dengan gaun merah jambu muda (baby pink) lengkap dengan selendangnya. Sedangkan suaminya, Bobby Nasution terlihat gagah dengan jas ungu dan peci biru langit dengan hiasan ornamen ulos.

Senyum sumringah terpancar dari wajah Kahiyang Ayu usai diberikan marga Siregar. Dia mengatakan rasa terima kasihnya kepada keluarga besar Siregar dan Raja-raja Adat.
Usai Dapat Marga, Kahiyang Ayu Manortor

Usai resmi menyandang boru Siregar, Kahiyang Ayu langsung menjalani manortor (tarian khas Tapsel-Mandailing) pertamanya sebelum dilepas ke rumah mertuanya.

Kahiyang mengenakan kebaya pink muda dan kain songket, manortor bersama para boru Siregar tanpa didampingi suaminya, Bobby Nasution. Kahiyang diberikan abit Batak (kain ulos) untuk prosesi manortor tersebut.

Menurut Chairuman Harahap, salah seorang perwakilan raja adat, pesta adat Kahiyang-Bobby akan dilangsungkan pada 24-25 November. Makna dari manortor yang dilakukan Kahiyang sebagai ungkapan rasa syukur karena Kahiyang telah menjadi keluarga besar Siregar.

Selain itu, manortor ini juga dilakukan untuk melepas Kahiyang sebagai anak perempuan Siregar ke rumah mertuanya. "Jadi dia menari dengan teman-teman masa kecilnya sebelum dilepas ke rumah mertua," kata tokoh masyarakat Sumut ini.
Usai Dapat Marga, Kahiyang Ayu Manortor

Usai manortor, Kahiyang dan Bobby kemudian dilepas keluarga Doli Siregar yang sekarang telah menjadi orangtua Kahiyang Ayu Siregar. Saat keluar dari rumah orangtuanya, Kahiyang tampak mengenakan bulang perempuan atau topi adat Mandailing untuk pengantin wanita serta membawa paropa atau bekal untuk dibawa ke rumah mertua.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6759 seconds (0.1#10.140)