Terlibat Penganiayaan Yunior hingga Tewas, 9 Taruna Akpol Hanya Divonis 6 Bulan

Jum'at, 17 November 2017 - 16:38 WIB
Terlibat Penganiayaan...
Terlibat Penganiayaan Yunior hingga Tewas, 9 Taruna Akpol Hanya Divonis 6 Bulan
A A A
SEMARANG - Sembilan dari 14 terdakwa kasus penganiayaan taruna Akpol terhadap juniornya tingkat II hingga menyebabkan salah satu korban yaitu M Adam tewas hanya divonis hukuman enam bulan penjara oleh majelis hakim pengadilan Negeri Semarang, Jum'at (17/11/2017).

Ketua majelis hakim Casmaya dalam amar putusannya, menyatakan, perbuatan para terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan memenuhi unsur bersama melakukan perbuatan penganiayaan terhadap juniornya sesuai dengan Pasal 170 ayat 1 KUHP.

"Memutuskan bahwa perbuatan terdakwa memenuhui unsur dalam Pasal 170 ayat 1 KUH Pidana dan dijatuhi hukuman enam bulan penjara dipotong masa tahanan. Dan mengembalikan seluruh barang milik para terdakwa yang disita," katanya dalam persidangan, Jum'at (17/11/2017). Putusan tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penutut umum yakni 1 tahun 6 bulan penjara.

Hal yang meringankan terdakwa diantaranya adalah apa yang dilakukan para terdakwa bukanlah bentuk balas dendam melainkan sebagai pembinaan terhadap juniornya.

Kemudian para korban juga telah menerima permintaan maaf para terdakwa dan tidak akan menuntut lebih jauh. "Para korban dihadapan persidangan sudah memaafkan perbuatan para terdakwa," lanjutnya.

Dengan putusan tersebut para tedakwa diberikan waktu tujuh hari untuk melakukan banding atau menerima putusan.

Dengan putusan tersebut para terdakwa melalui kuasa hukumnya menyatakan akan berfikir-fikir dulu apakah akan melakukan banding atau tidak.

"Kami melihat hakim masih memiliki hati nurani. Kami akan pikir-pikir dulu," kata perwakilan kuasa hukum para terdakwa HD Junaedi usai persidangan.

Putusan enam bulan penjara tersebut akan membuat para terdakwa langsung bebas, mengingat mereka sudah ditahan sejak bulan Mei lalu.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8952 seconds (0.1#10.140)