Banjir Rendam 1.058 Rumah di Kabupaten Bandung

Rabu, 08 November 2017 - 13:30 WIB
Banjir Rendam 1.058 Rumah di Kabupaten Bandung
Banjir Rendam 1.058 Rumah di Kabupaten Bandung
A A A
BANDUNG - Banjir merendam lebih dari seribu rumah di tiga kecamatan di Kabupaten Bandung sejak Selasa (7/11/2017) malam. Tiga kecamatan itu adalah Kecamatan Baleendah, Bojobgsoang, dan Dayeuhkolot.

Bukan hanya permukiman, air juga merendam fasilitas sekolah dan sebagian jalan utama di jalur Dayeuhkolot menuju Baleendah. Banjir ini disebabkan hujan deras yang turun sepanjang Selasa sore hingga malam sehingga membuat air di aliran sungai Citarum meluap.

Hingga Rabu pagi, air masih terlihat menggenang di sejumlah titik. Seperti tampak terlihat di Bojong Asih, banjir masih terlihat dengan ketinggian sekitar 50 sentimeter. Sementara di jalan Siliwangi, Baleendah, banjir terjadi dan membuat pengendara harus hati-hati melewati jalur tersebut.

"Kalau hujan turun lagi ketinggian ait bisa kembali naik," kata salah seorang warga Kampung Bojong Asih, RT03/14, Desa Dayeuhkolot, Dedi, 58, Rabu (8/11/2017).

Dirinya memprediksi banjir akan terus terjadi mengingat saat ini hujan terus turun. Karenanya, sebagian warga Dayeuhkolot dan Baleendah mengaku pasrah dengan kondisi tersebut dan berharap pemerintah segera mengatasi permasalahan banjir yang setiap tahun selalu terjadi.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menyebutkan, akibat banjir yang terjadi kali ini ada sebanyak 1.058 rumah yang terendam banjir.

"Banjir terjadi di tiga kecamatan yakni di Dayeuhkolot, Baleendah dan Bojongsoang, dengan total rumah yang terendam ada 1.058 unit," terang Kepala Harian BPBD Kabupaten Bandung Tata Iriawan Sobandi.

Tata mengatakan, ketinggian banjir rata-rata sekitar 10-150 cm dan beberapa warga di Kecamatan Dayeuhkolot ada yang sudah mengungsi di aula desa Dayeuhkolot. Yakni sebanyak tujuh kepala keluarga, 17 orang jiwa, dua balita dan dua lansia.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3424 seconds (0.1#10.140)