7.000 Relawan Meriahkan Mantu Jokowi

Rabu, 08 November 2017 - 07:14 WIB
7.000 Relawan Meriahkan Mantu Jokowi
7.000 Relawan Meriahkan Mantu Jokowi
A A A
SOLO - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Afif Nasution makin meriah dengan kehadiran sekitar 7.000 relawan dari berbagai penjuru nusantara. Tadi malam, ribuan relawan ini ikut menghadiri prosesi midodareni di kediaman Jokowi.

Banyaknya relawan yang datang membuat kediaman Jokowi di Jalan Kutai Utara Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo penuh sesak. Sejak sore hari, mereka berangsur-angsur datang dari lokasi penginapan di Asrama Haji Donohudan. Sebanyak 20 bus besar yang disewa khusus mengangkut mereka dari asrama selalu terisi penuh, bahkan sebagian terpaksa berdiri demi bisa cepat ke lokasi acara.

Meski harus berdesak-desakan, ribuan relawan ini mengikuti prosesi itu hingga selesai. Sebelum prosesi dimulai sekitar pukul 19.30, Presiden Jokowi sempat menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran para relawan yang mendukungnya dalam Pemilu Presiden 2014 silam.

Dirinya mengakui kedatangan mereka melalui proses perjuangan yang keras hingga sampai ke kediamannya di Kelurahan Sumber. “Jerih payah ini sangat berarti dan bermakna,” ujar Jokowi.

Dia berharap hubungan kedekatan bisa terus berlanjut di masa-masa mendatang. “Berlanjut bukan hanya sebatas persaudaraan antar keluarga, tapi juga silaturahim antar sesama anak bangsa," kata Jokowi.

Presiden juga memohon maaf kepada tamu yang hadir jika terdapat kekurangan tempat duduk karena jumlah daftar tamu yang terus bertambah. Dari informasi awal yang dia terima, relawan yang akan datang awalnya hanya 2.000 orang. Namun kemudian meningkat lagi menjadi 3.000 orang, bahkan akhirnya tembus hingga 7.000 orang. Relawan ini tak hanya dari Jawa, tapi juga datang dari Sumatera, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Maluku.

Presiden meminta maaf karena tempat yang disediakan masih juga belum mencukupi meski kanan kiri rumahnya telah dipergunakan. Dirinya meminta doa kepada seluruh masyarakat agar ijab kabul putrinya pagi hari ini dapat berjalan lancar dan sukses.

Salah satu relawan Jokowi asal Jakarta, Jeni Manurung mengaku kehadirannya ke Solo sebagai ungkapan rasa bahagia atas pernikahan putri Presiden Jokowi. “Ini menjadi sebuah perhelatan besar, dan sebagai pendukung bapak (Jokowi), kami ikut mendoakan,” terang Jeni.

Setelah menerima kedatangan ribuan relawan, prosesi malam midodareni dimulai sekitar pukul 19.30 WIB ketika Bobby Nasution dan keluarganya tiba. Dalam prosesi yang memakai pakem Keraton Kasunan Surakarta itu, Bobby beserta keluarga besarnya menyerahkan lamaran dan peningset (pengikat) kepada calon mempelai perempuan.

Malam midodareni dalam tradisi Jawa berarti malam untuk mengakrabkan keluarga mempelai pria ke keluarga mempelai perempuan. Dalam kesempatan itu, mempelai pria belum diperkenankan masuk ke dalam rumah calon istrinya.

Dia hanya boleh di teras rumah karena belum diperkenankan melihat calon mempelai perempuan. Sementara yang diperkenannya masuk rumah adalah keluarga dan rombongannya. Saat prosesi itu, Bobby tadi malam terlihat sering melempar tersenyum pertanda gembira karena mempersunting gadis pujaannya.

“Untuk Mas Bobby hanya disuguhi minum air putih saja,” ucap Widarsi Suranto, pambiwara atau pembawa acara malam midodareni.

Pemberian air putih ini dimaknai sebagai laku prihatin sebelum ijab kabul pagi ini. Mendapat pernyataan itu, putra almarhum Erwin Nasution-Ade Hanifah Siregar ini kembali tersenyum. Bobby yang mengenakan peci dan busana khas Sumatera tampak terlihat gagah. Sedangkan Kahiyang Ayu yang duduk diapit kedua orangtuanya di dalam, juga tampak cantik.

Ijab Kabul Kahiyang-Bobby akan digelar pagi ini di Graha Saba Buwana. Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang diminta menjadi saksi ijab kabul, sore kemarin, telah tiba di Solo. Setelah mendarat, JK dan rombongan menuju Hotel Alila. Wartawan hanya diperbolehkan memotret kedatangan JK di hotel yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi tersebut.

Jokowi Pasang Bleketepe
Rangkaian prosesi pernikahan Kahiyang-Bobby dimulai pagi kemarin. Prosesi diawali dengan tradisi adang kapisan atau memasak nasi yang pertama kali dalam hajatan. Prosesi selanjutnya adalah pemasangan bleketepe, dan tuwuhan.

Saat prosesi pemasangan bleketepe, Jokowi tampak bersama istri Iriana Jokowi dan dua anaknya Gibran Rakabuming Raka, serta Kaesang Pangarep. Mereka kompak memakai pakaian khas adat jawa berwarna oranye. Jokowi sekitara pukul 08.30 WIB memulai pasang bleketepe (anyaman janur). Dengan naik tangga lipat, Jokowi lalu memasang bleketepe di teras rumahnya. Setelah pasang bleketepe, rangkaian selanjutnya adalah siraman kedua calon mempelai pengantin.

Siraman dimaknai membersihkan jiwa dan raga. Siraman calon mempelai dilakukan di tempat berbeda. Dalam hal ini di Hotel Alila Solo, tempat Bobby dan keluarganya menginap. Sedangkan Kahiyang di kediaman pribadi Presiden Jokowi.

Prosesi siraman dilakukan oleh sesepuh Solo, di antaranya Sujiatmi Notomiharjo (ibunda Jokowi), dan Elisabet Endang Rudyatmo (istri wali Kota Solo). Siraman diakhiri oleh Presiden Jokowi dan Iriana. Jokowi dan Iriana tampak terharu ketika Kahiyang menjalani prosesi sungkeman. Calon mempelai perempuan juga nampak meneteskan air mata.

Saat sungkeman, Jokowi dan Iriana tampak memberikan pesan pesan kepada Kahiyang. Setelah siraman, selanjutnya pemecahan kendi sebagai tanda wanita siap menikah, atau pecah pamor. Prosesi siraman ditutup dengan rutual potong rambut Kahiyang oleh kedua orangtuanya. Potongan rambut lalu disatukan dengan potongan rambut Bobby dan ditanam di pekarangan rumah.

Kepada putrinya, Jokowi berpesan agar Kahiyang berhati hati dalam membina rumah tangga, sabar dan mandiri. “Semoga bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warahmah," ujar Jokowi usai prosesi siraman.

Dia juga berpesan agar Kahiyang sabar dalam menjalani biduk rumah tangganya kelak. Jokowi mengucapkan rasa syukur dengan terlaksananya prosesi siraman. Ada filosofi yang mendalam dalam prosesi siraman.

Adapun prosesi siraman Bobby dilakukan secara tertutup di salah satu ruangan Hotel Alila. Usai siraman, kakak perempuan Bobby Nasution, Inge Amelia Nasution memberikan keterangan pers sekitar pukul 10.30 WIB di lobi depan hotel.

“Terima kasih kepada warga Solo dengan adanya acara ini, dan mohon doanya agar bisa berjalan lancar,” terang Inge didampingi pamannya Erwan Nasution. Inge juga mengucapkan banyak terimakasih atas dukungan para awak media yang melakukan peliputan.

Siapkan Apron 21 Parking Stand
Bandara Adi Soemarmo Solo menyiapkan apron sebanyak 21 parking stand guna menyambut kedatangan tamu undangan pesta pernikahan putri Presiden Jokowi. Apron yang disediakan dapat dipakai dalam waktu bersamaan.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura I (Persero) Israwadi mengatakan, berdasarkan data terkini terdapat 29 chartered flight hingga Kamis (9/11). Di antaranya dari maskapai Garuda Indonesia, Enggang Air, Premi Air, TNI, Karisma Bahana Aviation, Sriwijaya Air, Indonesia Air Transport, Sari Rahayu Biomantra, Jhonlin Air Transport, Transwisata, Seacon Aviation Air Pacific, empat extra flight Garuda Indonesia dan Sriwijaya Air. Selain itu, Garuda Indonesia juga melakukan penggantian lima pesawat menjadi pesawat berbadan besar. (Ary Wahyu Wibowo/Ahmad Antoni/Ant).
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5336 seconds (0.1#10.140)